Pariwara Pemkab Solok Selatan: Kementrian PDT Lakukan Monev di Proyek Pengembangan Camintoran

Senin, 12 November 2018, 09:32 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Pariwara Pemkab Solok Selatan: Kementrian PDT Lakukan Monev di Proyek Pengembangan...
Kasubid Pariwisata pada Dirjen PDT, Rifmayulis bersama Abdul Rahman (Wabup Solsel), meninjau kegiatan Pengembangan Agro Wisata untuk Camintoran melalui DIPA Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT, Jumat (9/11/2018).
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Hal yang mesti diperhatikan dalam pengembangan sebuah objek wisata lanjutnya lagi, yakni pentingnya manajemen pengelolaan yang profesional. Kuliner yang enak dan bersih. Adanya atraksi kesenian dan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang wisatawan. Lalu, sarana dan prasaran termasuk penginapan, serta pentingnya menjaga kebersihan, keamanan dan juga kenyamanan selama berkunjung.

Sementara itu, Wabup Solsel, H Abdul Rahman menyampaikan rasa terimakasih, atas bantuan yang diberikan. Dia menegaskan, pihaknya juga terus mengejar peluang lain sebagai upaya dalam pengembangan Camintoran itu.

Baca juga: Desa Wisata Pagadih Masuk 50 Besar ADWI Tahun 2024

"In syaa llah, tahun depan ada anggaran sebesar Rp11 M yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Rencananya, anggaran ini akan kita gunakan untuk peningkatan jalan serta pengaspalan jalan menuju Camintoran," jelasnya.

Keberadaan wisata Camintoran, sambung Abdul Rahman, merupakan hal yang menjanjikan menjadi sebuah kampung wisata terpadu dan terintegrasi. Pembangunannya akan dilakukan secara bertahap.

"Di sini, nanti akan ada danau buatan dan tengah dikerjakan. Kita juga akan bangun jembatan gantung wisata, taman bunga, penginapan, camping area, kuliner, olahraga berkuda, miniatur keajaiban dunia, agro wisata perkebunan dan lainnya," terang Abdul Rahman yang didampingi Asisten Perekonomian, Epli Rahmat.

Di hadapan Tim monitoring Kemendes PDTT, dia menjelaskan tentang konsep wisata Camintoran yang terintegrasi dengan yang lain. "Ada camintoran seluas 25 Ha yang terintegrasi dengan Gunung Bontak, kebun teh, beberapa air terjun, kampung Wonorejo, pendakian Gunung Kerinci dan lainnya," jelasnya.

Abdul Rahman juga menambahkan, di Camintoran sekarang juga berkembang perkebunan kopi arabika serta kacang macademia. Termasuk rencana pengembangan tanaman apel.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: