Kecamatan Lubbeg Nan XX Gelar Semarak Muharram VIII, Ini Harapan Pemko Padang

Minggu, 07 Oktober 2018, 17:38 WIB | News | Kota Padang
Kecamatan Lubbeg Nan XX Gelar Semarak Muharram VIII, Ini Harapan Pemko Padang
Kabag Kesra Setda Kota Padang, Jamilus menyerahkan trophi pada panitia, usai membuka acara semarak Muharram VIII di Masjid Darul Hikmah, Kelurahan Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Ahad (7/10/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Semarak Muharram, merupakan kegiatan penting dilestarikan dan dibudayakan di Padang. Kegiatan ini akan menumbuhkan kecintaan generasi muda, terhadap tahun baru Islam. Melihat situasi dan kondisi saat ini, generasi muda kita lebih cenderung memeriahkan dan meramaikan kegiatan peringatan tahun baru masehi 1 Januari dari pada peringatan 1 Muharram.

Demikian dikatakan Kabag Kesra Setda Kota Padang, Jamilus saat membuka acara semarak Muharram VIII di Masjid Darul Hikmah, Kelurahan Koto Baru Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Ahad (7/10/2018).

"Tugas kita bersama bagaimana kita mendorong, mengajak seluruh generasi muda khususnya umat Islam, untuk melaksanakan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram ini," ungkap Jamilus yang mewakili walikota Padang.

Dijelaskan, kegiatan semarak Muharram ini dalam rangka mengevaluasi kegiatan keagamaan yang dilaksanakan BKS, untuk anak-anak yang telah menuntut ilmu di TPQ-TQA yang ada di Kota Padang.

Baca juga: 100 Balita di Kecamatan Lubeg Kategori Stunting, Camat Ajak Kader Posyandu Susun Langkah Antisipasi

"Kami dari Pemerintah Kota Padang juga mengadakan evaluasi dan pembinaan, salah satunya yang sedang kita laksanakan adalah penilaian lembaga didikan subuh serta penilaian TPQ dan TQA dalam rangka pembinaan dan evaluasi kegiatan," terang Jamilus.

Ditambahkan Jamilus, Pemko Padang selalu mendukung kegiatan BKS TPQ-TQA. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan menyediakan anggaran di APBD, agar bisa membantu mensejahterakan guru-guru TPQ-TQA yang bersifat keagamaan.

Sementara itu, Camat Lubuk Begalung, Rosail Akhyari menyampaikan, acara semarak Muharram VIII di Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX ini, dilaksanakan BKS TPQ-TQA yang dipusatkan di Kelurahan Koto Baru, dengan melakukan perlombaan-perlombaan.

Menurut Rosail, tujuannya dilaksanakan perlombaan ini adalah untuk melihat kemampuan, kualitas anak-anak didik di TPQ-TQA. "Kita berharap, dengan perlombaan ini akan menambah motivasi anak-anak untuk mengasah kemampuannya dalam bidang yang diperlombakan," harap Rosail.

Baca juga: Keluarga Besar SMPN 6 Padang dan Yayasan BAS Santuni Pelajar Yatim

Ketua BKS TPQ-TQA Kecamatan Lubuk Begalung Nan XX, Opriadi menambahkan, dalam acara semarak Muharram ini ada beberapa perlombaan yang dilaksanakan. Seperti lomba Tilawah dan Azan yang dipusatkan di Masjid Darul Hikmah.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: