Alirman Sori Tawarkan Konsep Pembangunan Partisipatif, Ini Alasannya

Minggu, 02 September 2018, 20:25 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Alirman Sori Tawarkan Konsep Pembangunan Partisipatif, Ini Alasannya
Anggota Lembaga Pengkajian MPR RI, H Alirman Sori.

VALORAnews - Pola pembangunan partisipatif, melalui semangat gotong royong, jadi strategi efektif dalam memajukan suatu nagari. Pembangunan partisipatif ini menjadi suatu keniscayaan yang harus terus ditumbuhkembangkan.

Hal itu ditegaskan anggota Lembaga Pengkajian MPR RI, H Alirman Sori di hadapan masyarakat Ampang Tulak, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Ahad (2/9/2018) malam.

Menurutnya, keikutsertaan masyarakat mempercepat pencapaian program pembangunan yang bermuara kepada pertumbuhan ekonomi.

"Pola pembangunan partisipatif merupakan strategi efektif memacu proses pembangunan nagari sehingga muaranya kepada pertumbuhan ekonomi," kata Alirman Sori.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Tokoh muda Kabupaten Pesisir Selatan ini mengingatkan, keterlibatan seluruh stakeholder dalam proses pembangunan akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Peran walinagari sebagai ujung tombak pemerintahan, sangat dibutuhkan untuk mendorong partisipasi warga melalui semangat gotong royong demi terciptanya kesejahteraan masyarakat," ujarnya dalam pertemuan kaum suku Caniago yang dihadiri juga oleh beberapa orang walinagari di daerah itu.

Alirman mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap proses pembangunan yang tengah dan akan dilaksanakan di wilayah nagari masing-masing. Proses pembangunan tidak akan berjalan maksimal tanpa keterlibatan masyarakat.

"Tanpa peran aktif masyarakat, program pembangunan tidak akan maksimal. Sementara, tujuan dari pembangunan adalah untuk kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Baca juga: Resah dengan Angka Kemiskinan Pessel, Angga Azkardha: Insya Allah Siap Ikut Kontestasi Pilkada 2024

Untuk itu, dia mengajak masyarakat dengan dimotori oleh walinagari dan perangkatnya untuk dapat menghidupkan budaya gotong royong dalam memacu pembangunan nagari. Walinagari harus bisa merangkul masyarakat agar bersama-sama memacu pembangunan nagari.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: