Program Ketahanan Keluarga dan Konsultasi Agama Lubeg Diluncurkan

Senin, 27 Agustus 2018, 17:58 WIB | News | Kota Padang
Program Ketahanan Keluarga dan Konsultasi Agama Lubeg Diluncurkan
Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Padang, Marjanis, meluncurkan Program Ketahanan Keluarga dan Konsultasi Agama, di Masjid At-Taubah, Wisma Utama, Pulau Aia Parak Laweh, Sabtu (25/8/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Program Ketahanan Keluarga dan Konsultasi Agama di Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg) resmi diluncurkan di Masjid At-Taubah, Wisma Utama, Pulau Aia Parak Laweh, Sabtu (25/8/2018).

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Padang, Marjanis menuturkan, latar belakang Program Ketahanan Keluarga dan Konsultasi Agama dibentuk karena beberapa faktor.

Di antaranya, hasil dari data Pengadilan Agama Kota Padang, bahwa angka perceraian naik tajam dan setelah dianalisa banyak yang minta cerai. Selain itu, hasil statistik Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang ada pelajar SMP yang memperkosa anak SD. Tak hanya itu, kenakalan remaja lain seperti ngelem, dan narkoba juga semakin banyak.

"Kesimpulan pak walikota, kuncinya untuk mencegah hal itu adalah keluarga. Jika ketahanan keluarga bagus, maka tidak akan mudah rapuh oleh hal-hal yang merugikan," tutur Marjanis.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Untuk itu, lanjut Marjanis, Kemenag Kota Padang mengambil peran di konsultasi agama. Karena juga mempunyai tenaga penyuluh. Sebab, tugas pokok penyuluh, adalah sebagai konsultan.

"Semua yang terkait ormas Islam mendukung kegiatan ini. Akan dibuat rancangan peraturan daerah (Ranperda) juga," katanya.

Sementara, alasan diipilihnya masjid sebagai tempat penyelenggaraan, sebut Marjanis, karena dinilai lebih aman bagi siapa pun. Tidak akan menimbulkan kecurigaan. Selain itu masjid adalah tempat yang penuh rahmat.

"Kami berharap, melalui kegiatan ini jika ada yang berniat bercerai, bisa terselamatkan. Mengingat sudah kita berikan konsultasi," ucapnya.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Kedepan, sebut Marjanis, pihaknya bersama Pemko Padang akan terus menyosialisasikan program ini dan merata di 11 kecamatan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: