Mahasiswa KKN Unes Gelar Pendidikan Politik Pemilih Pemula

Kamis, 16 Agustus 2018, 20:25 WIB | Wisata | Kab. Agam
Mahasiswa KKN Unes Gelar Pendidikan Politik Pemilih Pemula
Anggota KPU Agam, Zainal Abadi jadi pembicara pada pendidikan pemilih di MAN 5 Lubukbasung, Agam, Kamis (16/8/2018). Kegiatan ini merupakan bagian program kerja mahasiswa KKN Unes yang ada di daerah itu. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Anggota KPU Agam, Zainal Abadi mengatakan, untuk mewujudkan negara yang berdaulat, partisipasi masyarakat amat menentukan, minimal partisipasi dalam pemilu. Partisipasi dalam pemilu ini, sepatutnya jadi perhatian generasi muda yang masuk kategori pemilih pemula.

"Banyak sekali yang dapat dilakukan oleh anak-anak muda sebagai pemilih pemula. Seperti jadi penyelenggara pemilu, jadi pemantau, minimal jadi pemilih. Semua itu untuk menentukan nasib bangsa ini dalam lima tahun kedepan," ungkap Zainal saat jadi pembicara pada kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula di MAN 5 Lubukbasung, Agam, Kamis (16/8/2018).

Sebagai pemilih pemula, urai Zainal, anak-anak muda harus lebih kritis dengan melakukan pengamatan terhadap pilihannya sejak sekarang. Melihat rekam jejak calon pilihannya yang sudah dapat dilihat diberbagai media termasuk media center KPU Agam. Bahkan, lanjutnya, anak muda dapat mendiskusikan secara kritis dan mengundang para calon, untuk berdiskusi memaparkan visi dan misi para kandidat yang berniat jadi anggota DPRD.

"Anak-anak muda perlu memiliki kesadaran yang kuat terhadap nasib lima tahun kedepan. Hal ini amat ditentukan oleh pilihan pada pemilu 2019 nanti. Pilihan itu harus tepat dengan melihat rekam jejak kandidat," jelas Zainal.

Baca juga: DPS Pilkada Agam 2024 Sebanyak 383.086 Pemilih, Terbanyak di Kecamatan Lubuk Basung

Sementara, Ketua Panitia, Advensia Bima mengatakan, pendidikan pemilih ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa Universitas Ekasakti (Unes) yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lubuk Basung dan sekitarnya. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih ini, dikerjasamakan dengan MAN 5 Lubuk Basung, khusus siswa kelas 2 dan kelas 3.

"Teman-teman mengusulkan agar agenda KKN juga memperhatikan momentum pemilu yang semakin dekat. Akhirnya, setelah melakukan koordinasi kepada MAN 5 Lubuk Basung dan KPU Agam, acara pendidikan pemilih pemula ini dapat terselenggara," ujarnya.

"Acara ini bagian dari kontribusi mahasiswa KKN untuk meningkatkan pendidikan politik kepada pemilih pemula," tambah Bima.

Sementara, MAN 5 Lubuk Basung bersyukur atas sosialisasi ini, sebagai bagian dari pendidikan kewarganeraan.

Baca juga: BPBD Ingatkan KPU Agam Soal PSU DPD di Lokasi Bencana; 100 Meter dari DAS harus Steril dari Aktivitas

KPU Kabupaten Agam selaku narasumber dalam kegiatan ini mengajak peserta kegiatan yaitu siswa MAN 5 yang sudah berusia 17 tahun untuk berkontribusi terhadap pelaksanaan pemilu.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: