Pemko Padang Gelar FGD Finalisasi Padang Dalam Angka, Ini Harapan Mahyeldi

Rabu, 08 Agustus 2018, 19:30 WIB | News | Kota Padang
Pemko Padang Gelar FGD Finalisasi Padang Dalam Angka, Ini Harapan Mahyeldi
Wako Padang, Mahyeldi memberikan arahan akan pentingnya data termutakhir pada Focus Group Discusssion (FGD) finalisasi penyusunan Padang Dalam Angka di salah satu hotel di Padang, Rabu (8/8/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Buku "Padang Dalam Angka" yang diterbitkan setiap tahun oleh Badan Pusat Statistik (BPS), merupakan hal penting yang disajikan sebagai gambaran umum tentang kondisi geografis serta ciri dan keadaan sosial ekonomi penduduk di wilayah Padang.

Data yang dikumpulkan berasal dari BPS, OPD Pemko Padang dan instansi vertikal yakni BUMN/BUMD di Kota Padang ini berisi muatan data, mulai tentang iklim dan geografi, pemerintahan, penduduk dan tenaga kerja, sosial, pertanian, industri, perdagangan, pariwisata dan masih banyak lainnya.

Menyikapi itu, Walikota Padang, Mahyeldi menyerukan kepada seluruh pihak terkait di lingkup Pemko Padang selaku sumber data khususnya pemerintah kecamatan dan kelurahan, untuk selalu memberikan data yang akurat dan valid serta 'update' kepada BPS selaku satu-satunya data yang dipakai di negara ini sesuai Undang-undang (UU).

"Apabila masih salah atau berasal-asalan dengan data, maka program kegiatan dan pembangunan kita juga akan asal-asalan atau tidak tepat dan akurat serta tidak solutif nantinya," tegas Mahyeldi sewaktu membuka Focus Group Discusssion (FGD) finalisasi penyusunan Padang Dalam Angka di salah satu hotel di Padang, Rabu (8/8/2018).

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Terkait FGD ini, Mahyeldi berharap, tercapainya tujuan dan sasaran yang diinginkan. Sebagaimana secara umum FGD tersebut bertujuan untuk finalisasi penyusunan publikasi Padang Dalam Angka, dan dari sumber data nantinya dapat dirangkum permasalahan atau kendala di lapangan. Sehingga pada akhirnya data yang dihasilkan dapat digunakan sebagai perbaikan bagi penyusunan publikasi selanjutnya.

"Permasalahan data, merupakan masalah yang sangat vital karena berkaitan dengan masa depan bangsa atau daerah ini. Jadi BPS sendiri kita harapkan juga dapat betul-betul dan maksimal melaksanakan segala sesuatunya. Kemudian, kepada kita semua para sumber data di Kota Padang, maka berikanlah gambaran berbagai data yang yang dibutuhkan secara valid, akurat dan update," terangnya.

"Sehingga dengan itu, BPS bisa mendapatkan informasi yang benar karena data tersebut mempengaruhi dan juga jadi acuan kebijakan atau bantuan pembangunan dari pemerintah pusat untuk Kota Padang," tukas Mahyeldi yang didampingi Kepala Bappeda, Hervan Bahar.

Sementara, Kepala BPS Padang, Rizal menjelaskan secara khusus tujuan FGD tersebut. Di antaranya membangun komunikasi untuk penyempurnaan dan perbaikan terhadap kualitas isian publikasi buku "Padang Dalam Angka".

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Selanjutnya, evaluasi kendala yang dihadapi dalam proses pengumpulan data, membahas ketersediaan data serta mendiskusikan tampilan tabel data. Sehingga, memberikan kemudahan bagi penyedia data dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan. Kegiatan ini juga dalam rangka menyiapkan format data untuk tahun berikutnya, untuk kelancaran pelaksanaan ke depan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: