KPU Padang Sediakan 8 Scanner untuk Pindai Salinan Penghitungan Suara

Selasa, 26 Juni 2018, 22:48 WIB | News | Kota Padang
KPU Padang Sediakan 8 Scanner untuk Pindai Salinan Penghitungan Suara
Ketua Divisi Parmas dan Data KPU Sumbar, Gebril Daulay menerima penjelasan dari Ketua PPK Nanggalo, Ilfariadi saat monitoring kesiapan pencoblosan Pilwako Padang, Selasa (26/6/2018). (mangindo kayo/valoramews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - KPU Padang menyediakan 8 unit scanner untuk merekam form C1 (sertifikat penghitungan suara di TPS). Delapan operator scanner sekaligus oploader data hasil scan ke website KPU RI juga disiagakan.

"Kita berharap, proses scaner hasil penghitungan suara bisa dituntaskan KPU Padang dalam 1x24 jam sesuai Surat Edaran No 574 Tahun 2018," ungkap Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Sumbar, Gebril Daulay disela-sela monitoring persiapan pencoblosan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang pada pemilihan serentak 2018, Selasa (26/6/2018).

Dijelaskan Gebril, hitungan 1x24 jam itu dimulai sejak pemungutan dan penghitungan suara selesai dilaksanakan KPPS.

Untuk itu, Gebril berharap, sarana dan prasarana serta petugas yang akan melaksanakan proses scanning ini, sudah siap di kantor KPU Padang. Selain itu, personel KPPS juga dipastikan untuk tidak salah dalam memasukan form C1 ke dalam kotak suara.

Baca juga: Aplikasi Silon Macet Saat PKS-Demokrat Daftarkan M Iqbal-Amasrul ke KPU Padang

"Form C1 yang masuk kotak suara hanya yang berhologram. Sedangkan salinannya tak masuk. Ada yang diberikan ke saksi paslon, ditempel di lokasi TPS, untuk diumumkan di kantor lurah dan lainnya," terang Gebril.

Gebril berharap, proses apload data scan C1 bisa berjalan lancar. Tak terganggu jaringan internet atau komputer server yang eror akibat terlalu banyak diakses.

"Kita berharap, petugas KPPS tidak keliru dalam memasukan berkas kedalam kotak suara. Jangan sampai salinan C1 juga masuk kotak," harap dia.

Sudah Simulasi

Baca juga: Ini Jadwal 3 Paslon Wako-Wawako Padang Pilkada 2024 Mendaftar ke KPU Padang

Sementara, Anggota KPU Padang, Yusrin Trinanda memastikan, personel yang menggawangi proses scan Form C1 sudah siap tempur.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: