Tanam Serentak Antisipasi Serangan Hama Tikus

Kamis, 23 Juli 2015, 18:55 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Tanam Serentak Antisipasi Serangan Hama Tikus
Ilustrasi warga menangkap tikus sawah.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Petugas pengendalian hama dan penyakit (PHP) Dinas Pertanian Pessel yang ada di setiap kecamatan, diminta turun kelapangan mengajak petani setempat, untuk serentak menanam padi sebagai upaya pengendalian hama tikus.

Petugas PHP Kecamatan Sutera, Muslim mengatakan, di beberapa nagari di kecamatan Sutera, tengah diserang hama tikus. Salah satu faktor penyebabnya, petani tidak serentak menanam padi.

"Jika petani tidak serentak menanam padi, berarti petani telah menyediakan stok makanan untuk tikus sepanjang tahun. Seandainya petani menanam padi serentak, maka dalam beberapa bulan populasi tikus akan tertekan karena tidak ada stok makanan," urainya.

Dijelaskan Muslim, cara efektif lain adalah dengan menggunakan tumpang sari di samping memperbaiki kultur tanah. Hal ini, menurutnya, akan memutuskan makanan tikus sementara waktu.

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

"Banyak hal lain yang bisa dilakukan petani, ketika tanaman padinya terserang hama tikus seperti pembersihan areal, pemeliharaan mata rantai makanan sampai dengan pemburuan," katanya.

Ia juga mengharapkan petani, untuk aktif melapor apabila ada kendala terhadap tanaman padi miliknya.

Sebelumnya, Syafril (52), petani di kecamatan Sutera mengatakan, hama tikus mulai menyerang tanaman padi miliknya sejak dua minggu terakhir. "Semakin hari, area tanaman padi yang rusak oleh hama tikus semakin meluas," katanya. (lek)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: