Kelurahan Purus Dinilai Lomba IVA Test Tingkat Sumbar

Senin, 07 Mei 2018, 21:01 WIB | News | Kota Padang
Kelurahan Purus Dinilai Lomba IVA Test Tingkat Sumbar
Tim penilai dari Pemprov Sumbar, tengah melakukan verifikasi data pada perlombaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Lomba Gerakan PKK Pokja IV tingkat Provinsi Sumbar, Senin (7/5/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat dinilai dalam lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Lomba Gerakan PKK Pokja IV tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di 2018 ini. Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat kini telah berhak mewakili Kota Padang pada lomba ini dikarenakan tingginya cakupan pelayananan IVA test di daerah tersebut dalam pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit kanker serviks.

Dalam penilaian yang dipusatkan di Kantor Kelurahan Purus, Senin (7/5/2018) itu, Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Barat, Damsiar langsung menyampaikan ekspos terkait di hadapan Tim Penilai Kelompok Kerja (Pokja) IV TP-PKK Sumatera Barat yang dipimpin Bahrizal Basir.

Nampak hadir Plt Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Linda Alwis, Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya serta unsur terkait lainnya.

Bahrizal Basir mengatakan, lomba IVA test ini yaitunya dalam rangka memberikan semangat serta motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan berusia 30-50 tahun untuk terus menjaga perilaku hidup sehat. Khususnya peduli terhadap kesehatan mulut rahim yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi sampai nasional.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Jadi lomba IVA test ini bukan semata untuk ajang mencari yang terbaik, namun lebih dari itu bagaimana semua masyarakat dapat melaksanakan IVA test secara berkesinambungan. Sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan kanker leher rahim itu," jelasnya.

Ia menginformasikan, faktor-faktor penyebab utama kanker serviks dikarenakan pola hidup yang salah. Antara lain seperti aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun, berganti-ganti pasangan seksual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual atau ibu atau kakak yang menderita kanker leher rahim serta merokok.

"Kami lihat dari paparan yang disampaikan tadi sudah cukup baik. Dimana terlihat upaya IVA test yang dilakukan secara intens bagi masyarakat melalui sosialisasi dan penggerakan masyarakat oleh kader PKK dan Posyandu serta stakehoder di Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat itu," tukas Bahrizal sembari melakukan peninjauan.

Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Barat, Ny Damsiar dalam kesempatan itu terlihat optimistis membawa Kecamatan Padang Barat yang mewakili Kota Padang menjadi yang terbaik mengalahkan 18 kabupaten dan kota lainnya dalam lomba IVA test tingkat Sumbar tahun ini.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Dimana dalam presentasinya ia memaparkan, selama ini dan ke depan akan terus melaksanakan IVA test secara intens dengan berjenjang dan berkesinambungan di seluruh kelurahan se-Kecamatan Padang Barat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: