Begonia, Si Pembawa Keberuntungan

*Silvia Permata Sari

Selasa, 17 November 2020 | Opini
Begonia, Si Pembawa Keberuntungan

Jadi tak jarang oleh pecinta bunga, Begonia Cane ini diletakkan di luar ruangan pada siang hari dan dimasukkan saat malam tiba, dengan harapan aroma harumnya dapat sebagai pengharum ruangan. Daunnya memiliki banyak corak warna, mulai dari merah muda, ungu, hingga putih.

  • 4. Begonia Shrubs

Tanaman Begonia Shrubs memiliki bermacam-macam varietas, mulai dari yang kecil hingga yang ukurannya bisa mencapai 4 meter. Selain itu juga memiliki bentuk dan tampilan yang berkilau, bahkan ada juga yang memiliki bulu-bulu halus seperti kain beludru. Warna bunganya juga beragam, mulai dari putih, merah muda, hingga merah.

  • 5. Begonia Lilin (Semperflorens)

Jenis Begonia yang satu ini dikenal juga dengan nama Semperflorens karena memiliki daun yang tampak seperti dilapisi lilin. Daun dari tanaman ini berbentuk lingkaran dan warnanya sendiri terdiri dari berbagai macam warna. Umumnya memiliki dua warna, yakni hijau dan perunggu.

Selain beberapa contoh di atas, masih banyak lagi jenis Begonia yang bentuknya sangat indah dan menarik. Contohnya: Begonia lilin atau dikenal dengan panggilan "Semperflorens," Scandent Begonia, Tuberous Begonia, Thick Stemmed Begonia, dan lain-lain.

Setelah kita mengenal jenisnya, sahabat harus mengetahui cara budidaya dan perawatannya. Tanaman Begonia bisa dikembangbiakan melalui beberapa macam cara. Salah satunya yaitu menggunakan stek. Stek merupakan salah satu metode yang paling sering dipilih karena dianggap sangat mudah dan praktis. Selain itu, juga dapat menghasilkan beberapa tunas Begonia baru.

Untuk perawatan, tanaman Begonia ini sebaiknya disiram dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Setelah disiram dan daunnya kering harus dilap menggunakan kain lembut agar permukaannya terlihat mengkilat (indah).

Kemudian untuk penyinaran, tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari yang terlalu banyak. Oleh karena itu sebaiknya tanaman ini diletakkan pada area (tempat) yang bisa terkena sinar matahari langsung, tetapi jangan di area yang terlalu panas, seperti di bawah pohon besar yang rindang dan berdaun lebat.

Halaman:

*Dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas

Bagikan:
Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)