Solusi Atasi Kepik Hitam

*Silvia Permata Sari SP MP

Selasa, 07 Januari 2020 | Opini
Solusi Atasi Kepik Hitam

Sejatinya, kepik hitam ini adalah serangga hama di areal persawahan, yang merupakan hama tanaman pangan (seperti pada tanaman padi dan jagung). Binatang kecil merayap ini termasuk ke dalam bangsa kepik (Hemiptera), yang mana ciri khas serangannya mengeluarkan cairan dan bau yang tidak enak.

Fenomena Kepik Hitam ini berterbangan dan hadir di rumah warga disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu populasinya meledak, sedangkan makanannya sedikit atau terbatas. Selain itu, musuh alami dari hama kepik ini sudah berkurang atau mati karena aplikasi pestisida sintetik yang tidak bijaksana oleh petani, ditambah lagi karena faktor iklim (seperti suhu, kelembaban, dan curah hujan), sedangkan hama ini tetap ini bertahan hidup.

Akibatnya, hama Kepik Hitam ini berpindah secara aktif ke daerah baru dengan harapan mendapatkan daerah baru yang mempunyai banyak sumber makanan, tanpa tebang pilih termasuk pemukiman warga.

Kepik hitam ini berkembang biak dengan sangat cepat, terutama di saat musim hujan (curah hujan tinggi) dan bulan purnama. Penyebaran kepik dapat terjadi karena kemampuannya berimigrasi secara aktif, seperti dengan sayapnya bisa terbang dan bermigrasi secara pasif yaitu dengan bantuan lain baik secara sengaja atau tidak sengaja seperti terangkut bersama dengan material tanaman melalui transportasi.

Hama ini termasuk salah satu serangga yang menyukai sensor sinar atau cahaya yang berlebihan. Tidak menutup kemungkinan, serangga kecil ini bisa masuk ke telinga anak-anak yang tidur. Biasanya serangga ini akan datang pada malam hari dan mendekati sumber cahaya.

Solusi mengantisipasi serangan Kepik Hitam ini dapat dilakukan dengan metode sederhana yakni dengan meredupkan sumber cahaya. Kemudian, membuat perangkap jebak air sabun. Bisa dengan memanfaatkan baksom/ember/wadah, lalu isi ember/wadah tersebut air yang diberi sabun cuci kain/sabun cuci piring, kemudian letakkan di dekat sumber cahaya atau di bawah lampu. Kepik hitam tersebut akan tertarik masuk ke dalam perangkap air sabun tersebut.

Selain itu, teknik pengendalian secara mekanik juga dapat dilakukan warga, yaitu dengan cara mengumpulkan serangga Kepik Hitam itu dengan tangan atau plastik, lalu bunuh dan pastikan hama itu kepik hitam itu benar-benar mati, sehingga anda dan anak-anak anda aman dari serangan kepik di tertidur lelap.

Jika kepik sudah sangat banyak, maka dapat disemprot dengan pestisida dari golongan insektisida. Selamat mencoba. (*)

Halaman:
1 2

*Dosen Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Unand

Bagikan:
Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed