Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

*Dr Hary Efendi Iskandar

Jumat, 08 Maret 2024 | Opini
Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Dimana, beberapa orang anak Azwar Daini Tara (Anggota DPR-RI dari Partai Golkar beberapa periode) mencalonkan diri menjadi Anggota DPR-RI. Namun, upauya Azwar Daini Tara ini belum berhasil menysukseskan anaknya.

Pada kasus lainnya, Asli Chaidir pernah pula mengandeng anaknya untuk sama-sama mencalonkan diri menjadi Anggota DPRI RI dan anggota DPRD Sumatera Barat.

Hendri Septa gagal terpilih, sedangkan Asli Chaidir sendiri sukses terpilih jadi anggota DPR-RI pada pemilu 2014 dan 2019 dari PAN.

Walaupun tidak terpilih menjadi anggota DPRD provinsi, tidak lama kemudian berkat dukungan ayahnya terpilih menjadi Wakil Wali Kota Padang tahun 2020.

Kemudian pada pemilu 2024 ini, Asli Chaidir kembali mencoba mengandeng anaknya yang lain; Dean Asli Khaidir menjadi calon Anggota DPR-RI dari PAN, namun lagi-lagi belum menuai hasil baik.

Begitu pula dengan keluarga Emma Yohana yang telah beberapa periode menjadi anggota DPD-RI. Emma Yohana bersama anggota keluarganya; suami dan beberapa orang anaknya mencalonkan diri dalam pemilihan legislative dan pemilihan kepala daerah.

Suaminya Haryadi mencalonkan diri menjadi anggota DPR-RI pada pemilu 2019 dan 2014, serta mencalonkan diri menjadi calon bupati Kabupaten Agam tahun 2020.

Pada saat yang bersamaan Erik Hariyona maju pula menjadi calon bupati Pasaman tahun 2020 dan calon anggota DPR-RI tahun 2024 dan Nicky Lauda Hariyona mencalonkan diri menjadi Anggota DPR-RI pada pemilu 2019, dan anggota DPRD Propinsi pada pemilu 2024.

Dari berbagai arena kontestasi yang diikuti oleh anggota keluarga Emma Yohana tersebut, hanya Emma Yohana yang sukses terpilih kembali keempat kalinya menjadi Anggota DPD-RI (2024-2029), sedangkan suami dan anak-anaknya belum berhasil mengikuti jejaknya.

Kasus yang cukup menarik lagi dalam kontek politik keluarga dalam pemilu 2024. Hasneli Bahar dan Muhammad Taufik yang merupakan istri dan anak Gubernur Sumatera Barat 2020-2024, Mahyeldi.

Keduanya gagal memperoleh suara terbanyak. Hasneli mencalonkan diri sebagai Anggota DPR-RI dan anaknya sebagai Anggota DPRD provinsi dari PKS.

Halaman:

*Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani