Benarkah Gerakan Kampus Partisan

*Dr. Hary Efendi Iskandar

Selasa, 27 Februari 2024 | Opini
Benarkah Gerakan Kampus Partisan
Dr. Hary Efendi Iskandar

Jadi gerakan petisi civitas akademika tersebut merupaka respon spontan akibat “cawe-cawe” politik Presiden Jokowi.

Perasaan dan sinyal bathin yang satu-frekuensi inilah yang mendorong berbagai kampus untuk tidak berdiam diri secara spontan.    

Justru kalau pihak kampus berdiam diri, dan tidak peduli dengan keadaan sekitarnya, maka justru itu dapat disebut dengan “pengkhianatan” intelektual, karena pada hakikatnya para intelektual dan cendikiawan yang yang bermukim di kampus-kampus adalah menjadi kewajiban dan tanggungjawabnya menjaga nilai kebenaran, etik dan moral (Benda; 2007).

Dengan demikian, berbagai aksi dan unjuk kepriahatian tersebut adalah sebuah keniscayaan dan tanggungjawab sejatinya. Bukan sebaliknya dianggap sebagai sesuatu yang tidak diharapakan dan tidak wajar.

Barangkali pihak-pihak yang menuduh kampus partisan justru patut di pertanyakan, apakah pihak yang menuding tersebut bermaksud mendorong keluar dari pakem yang semestinya ada.

Tudingan kampus yang partsisan oleh oknum penguasa senyatanya menimbulkan “kegusaran” dikalangan elite diberbagai perguruan tinggi.

Pernyataan ini jelas mengundung makna kontroversial, dan syarat dengan tekanan sehingga para pimpinan kampus beramai-ramai melakukan klarifikasi bahwa gerakan spontan keprihatinan tidak mengatasnamakan institusi, bahkan ada pula yang secara terbuka dan tanpa malu-malu “menuding” secara implisit, gerakan keprihatinan tersebut akan “memperlebar” ruang kegaduhan politik menjelang pemilu.

 Sungguh hal yang amat disayangkan dan menyedihkan.      

Bila pun gerakan moral kampus disebut partisan dan dinilai memiliki “pretensi” politik tertentu, maka dalam konteks ini bahwa itu terjadi dengan proses alamiah, dimana hakikat kebenaran pasti akan mencari jalannya sendiri. 

Bilamana perjalanan atas jalan kebenaran yang yang bersendikan pada unsur objektivitas, moral, etik, keadilan, imparsial dan seterusnya kemudian menemukan pasangannya, dan menyisihkan unsur-unsur ketidakbenaran, maka begitulah jalan kebenaran itu beroperasi.  

Jika pun boleh dituding gerakan kampus partisan, maka sesungguhnya dalah gerakan itu mengarah pada makna partisan pada jalan kebenaran sejati, dimana beban dan tanggungjawabnya mendorongnya untuk berpartisipasi aktif pada jalan-jalan hakikat penciptaan ummat manusia, bukan partisan pada makna berpartisipasi aktif pada orietasasi dunia yang penuh tipuan, sempit, jangka pendek, dan tak abadi.

Halaman:

*Ketua PSH Universitas Andalas

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani