Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

*Zulfadhli Muchtar

Rabu, 31 Januari 2024 | Opini
Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM
Zulfadhli Muchtar

(5) Penjualan Personal (Personal Selling). Penjualan personal memberi dampak adanya interaksi timbal balik antara penjual dan konsumen.

Pelaku UMKM dituntut untuk mampu membangun strategi komunikasi pemasaran sebagai upaya adaptasi untuk dapat bertahan dan berkembang dalam kondisi saat ini.

Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dapat diterapkan pada era new normal saat ini adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu seperti pada komponen advertising, direct marketing, promosi penjualan, public relations dan personal selling.

Komponen advertising, UMKM dapat melakukan periklanan dan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada.

Di antaranya adalah melakukan iklan melalui radio lokal, menyebarkan brosur yang dirancang secara menarik untuk memperkenalkan produk, serta memasang spanduk atau banner.

Spanduk dan banner juga dapat digunakan sebagai media periklanan yang efektif dengan memasangnya di tempat-tempat strategis yang ramai dikunjungi oleh konsumen.

Komponen direct marketing, UMKM dapat memadukan pemasaran online ke dalam strategi pemasaran dengan tujuan meningkatkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, menyampaikan informasi produk, dan memberikan layanan yang lebih efisien.

Melalui komunikasi langsung dan interaktif, UMKM memperoleh data yang terperinci untuk merancang penawaran dan pesan pemasaran yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Komponen promosi penjualan, UMKM bisa menerapkan promosi penjualan dengan beberapa strategi promosi.

Sebagai contoh, memberikan diskon pembelian produk pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, UMKM juga aktif berpartisipasi dalam berbagai pameran perdagangan, baik yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun swasta.

Tujuan dari promosi penjualan ini tidak hanya untuk keuntungan jangka pendek, tetapi juga untuk membina hubungan jangka panjang dengan konsumen atau pelanggan.

Halaman:

*Mahasiswa Magister Manajemen Unitas Padang

Bagikan:
Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar