Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

*Zulfadhli Muchtar

Rabu, 31 Januari 2024 | Opini
Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM
Zulfadhli Muchtar

(5) Penjualan Personal (Personal Selling). Penjualan personal memberi dampak adanya interaksi timbal balik antara penjual dan konsumen.

Pelaku UMKM dituntut untuk mampu membangun strategi komunikasi pemasaran sebagai upaya adaptasi untuk dapat bertahan dan berkembang dalam kondisi saat ini.

Salah satu strategi komunikasi pemasaran yang dapat diterapkan pada era new normal saat ini adalah strategi komunikasi pemasaran terpadu seperti pada komponen advertising, direct marketing, promosi penjualan, public relations dan personal selling.

Komponen advertising, UMKM dapat melakukan periklanan dan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada.

Di antaranya adalah melakukan iklan melalui radio lokal, menyebarkan brosur yang dirancang secara menarik untuk memperkenalkan produk, serta memasang spanduk atau banner.

Spanduk dan banner juga dapat digunakan sebagai media periklanan yang efektif dengan memasangnya di tempat-tempat strategis yang ramai dikunjungi oleh konsumen.

Komponen direct marketing, UMKM dapat memadukan pemasaran online ke dalam strategi pemasaran dengan tujuan meningkatkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, menyampaikan informasi produk, dan memberikan layanan yang lebih efisien.

Melalui komunikasi langsung dan interaktif, UMKM memperoleh data yang terperinci untuk merancang penawaran dan pesan pemasaran yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Komponen promosi penjualan, UMKM bisa menerapkan promosi penjualan dengan beberapa strategi promosi.

Sebagai contoh, memberikan diskon pembelian produk pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, UMKM juga aktif berpartisipasi dalam berbagai pameran perdagangan, baik yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun swasta.

Tujuan dari promosi penjualan ini tidak hanya untuk keuntungan jangka pendek, tetapi juga untuk membina hubungan jangka panjang dengan konsumen atau pelanggan.

Halaman:

*Mahasiswa Magister Manajemen Unitas Padang

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT
Bagikan:
Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim