Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

*Zulfadhli Muchtar

Rabu, 31 Januari 2024 | Opini
Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM
Zulfadhli Muchtar

Peran komunikasi pemasaran sangat vital bagi pemasar atau perusahaan. Tanpa adanya komunikasi pemasaran, produk dan layanan tidak akan dikenal oleh konsumen atau masyarakat.

Meskipun banyak orang mungkin menganggap komunikasi pemasaran sebagai bagian dari periklanan dan promosi, namun dalam perkembangannya saat ini, komunikasi pemasaran berkembang menjadi bentuk komunikasi yang lebih kompleks dan beragam.

Perusahaan kini semakin menyadari pentingnya mengintegrasikan berbagai kegiatan komunikasi pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara terpisah.

Integrasi semua kegiatan komunikasi pemasaran menjadi suatu kebutuhan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) adalah suatu pendekatan strategis yang mengintegrasikan dan menyelaraskan seluruh elemen komunikasi pemasaran dalam suatu kesatuan yang kohesif.

Ini sesuai dengan pendapat (Kotler dan Keller, 2009:194) yang menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah konsep dimana suatu perusahaan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.

Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide, dengan menggunakan bauran pemasaran (promotion mix) yaitu: iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran langsung (direct marketing) (Purba, 2006).

Pernyataan tersebut juga diuraikan oleh (Kotler & Keller, 2012) yang menjelaskan bahwa Integrated Marketing Communication (IMC) terdiri dari lima komponen, yaitu: (1) Iklan (Advertising). Iklan adalah proses pengiriman pesan dalam bentuk non-personal tentang produk atau jasa tertentu melalui media atau saluran public;

(2) Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Pemasaran langsung adalah upaya untuk menjangkau konsumen dengan menggunakan saluran langsung;

(3) Promosi Penjualan (Sales Promotion). Promosi penjualan merupakan kegiatan promosi yang didesain untuk mengakselerasi respon konsumen atau proses keputusan membeli produk dengan memberikan nilai tambah;

(4) Hubungan Masyarakat (Public Relation). Public Relation merupakan senjata yang sangat krusial dalam meyakinkan pasar, dengan tugas mengelola corporate brand dan menjaga reputasi perusahaan agar tetap baik di mata konsumen pada masa yang akan datang; dan

Halaman:

*Mahasiswa Magister Manajemen Unitas Padang

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT
Bagikan:
Hamriadi S.Sos ST

Putra Daerah di Pusaran Pilkada Bukittinggi

Opini - 16 Juli 2024

Oleh: Hamriadi S.Sos ST

Dosen FISIP Unand.

UKT Mahal, Tak Usah Kuliah

Opini - 20 Mei 2024

Oleh: Dr Emeraldy Chatra

Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim