Beasiswa IISMA Sepi Peminat di Universitas Andalas

*Inggrid Fauzi

Jumat, 16 Juni 2023 | Opini
Beasiswa IISMA Sepi Peminat di Universitas Andalas
Inggrid Fauzi.

Ketika diwawancarai lebih dalam, banyak dari mahasiswa Sastra Inggris Universitas Andalas yang tidak yakin akan kemampuan mereka untuk mengikuti program ini.

Seperti halnya yang disampaikan Fakhrani, mahasiswi tahun ketiga Sastra Inggris Universitas Andalas, ketika diwawancarai, ia mengakui, “…karena aku udah ukur kemampuan, dan saving dana juga, jadi yaudah deh gak usah ikut.”

Mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Andalas mengakui ada banyak faktor mereka tidak berminat dalam program ini.

Berdasarkan sistem jurusan Sastra Inggris Universitas Andalas, sampai semester 5 masih banyak mata kuliah wajib yang perlu diambil.

Itu artinya mereka tidak ingin ada ketertinggalan mata kuliah sehingga harus mengulang mata kuliah yang bersangkutan nantinya.

Jika sedang berada disemester 4 ketika mendaftar IISMA, maka pertukaran pelajarannya akan berlangsung pada semester 5, yang mana masih banyak mata kuliah wajib yang tidak bisa ditinggalkan.

Maka dari itu, pilihannya adalah ikut program IISMA pada tahun berikutnya ketika semester 6 dan berangkat pada semester 7.

Sebagaimana yang dibeberkan Gito, mahasiswa tahun kedua jurusan Sastra Inggris di Universitas Andalas, mengakui targetnya lulus tepat waktu dan tidak ingin wisuda lama-lama.

Dilihat dari beberapa penyebab diatas, bisa disimpulkan bahwa jurusan dan kampus kurang memberikan informasi beserta edukasi tentang program IISMA.

Untuk mengatasi masalah ini, diharapkan kepada jurusan Sastra Inggris di Universitas Andalas lebih antusias mengenai beasiswa ini dan menghimbau mahasiswa untuk mendaftar kedepannya.

Selain itu, keuangan juga adalah penyebab yang banyak disebutkan atas alasan kurangnya minat mereka.

Halaman:

*Mahasiswi Jurusan Sastra Inggris FIB Unand

Bagikan:
Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)