Mimpi Hebat

*Dr Emeraldy Chatra

Senin, 23 Januari 2023 | Opini
Mimpi Hebat
Dr Emeraldy Chatra - Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unand

Ini contoh kecil kekuatan yang akan dirasakan.

Abang ini (saya menunjuk driver di sebelah saya) perlu beli sepeda motor baru. Katakanlah harganya Rp 15 juta. Kalau abang beli kontan tentu sulit. Beli kredit, kreditnya besar karena perusahaan menghitung keuntungan mereka hampir 100%.

Nah, kita kan sudah punya komunitas. Gunakan itu sebagai jalan keluar.

Komunitas mengumumkan kepada anggota, Pak Naldi mau beli motor baru karena motor lama sudah tidak dapat lagi digunakan. Siapa mau bersedekah? Minimal Rp50.000.

Ternyata yang bersedekah Rp 50.000 hanya setengah dari anggota komunitas yang ada, yaitu 750 orang. Tapi berapa uangnya?

750 x Rp 50.000 = Rp 37.500.000

Berapa unit motor baru dapat dibeli cash dengan uang sebanyak itu? Mungkin bisa dua atau tiga. Sedang abang hanya perlu satu.

Dengan uang sebanyak itu komunitas membelikan abang satu unit sepeda motor. Tunai. Abang utang ke komunitas, membayar kredit sampai lunas sesuai perjanjian dengan komunitas. Tentu tanpa bunga. Pasti lebih murah.

Tiba-tiba ada yang membunyikan klakson di depan rumah saya. Saya terbangun. Mimpi itu tentu saja bubar. Tapi tak apa, semua drama selesai dengan indah.

Mudah-mudahan ada driver ojek yang membaca tulisan saya ini. Kalau berminat dan percaya pada kekuatan sedekah, silahkan ambil hikmah dari mimpi saya. Kalau tidak, juga tidak apa-apa. (*)

Halaman:
1 2

*Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unand

Bagikan:
Ramdalel Bagindo Ibrahim

Mengobati Luka Galodo dengan Hati dan Kelola Pikir

Opini - 17 Mei 2024

Oleh: Ramdalel Bagindo Ibrahim

Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed.

Tanggulangi Stunting dengan Edukasi Gizi dan PMT Pangan...

Opini - 03 Mei 2024

Oleh: Dr dr Zuhrah Taufiqa MBiomed

Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)

Kesenjangan Pelayanan Kanker: Tantangan dan Harapan

Opini - 01 Mei 2024

Oleh: Dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk.Rad(K)