Hobi jadi Pundi

*Dr (Cand) Silvia Permata Sari SP MP

Rabu, 29 September 2021 | Opini
Hobi jadi Pundi

Karena merupakan tanaman tropis, janda bolong tumbuh paling baik dalam cahaya terang, tidak langsung, atau teduh parsial. Mereka terbiasa tumbuh subuh di bawah naungan pohon besar di hutan, dan mudah terbakar jika terkena terlalu banyak sinar matahari langsung.

Janda bolong tumbuh subur pada tanah berbahan dasar gambut, pH tanah 5,5 -7,0, kelembaban dan suhu yang tinggi. Tanaman ini suka tanah yang lembab, tetapi tidak terlalu basah (basah kuyup). Jadi, trik untuk menyiram tanaman hias yang satu ini yaitu tempelkan jari ke tanah tempat tanaman ini tumbuh.

Jika tanahnya terasa hampir kering saat disentuh, maka itu adalah waktu yang tepat untuk menyiramnya. Semakin pandai kita meniru kondisi alami tanaman ini, makan tanaman ini akan tumbuh semakin baik.

  • 3. Aglonema

Aglonema atau sri rejeki merupakan tanaman hias yang berwarna-warni dengan daun bermotif mencolok. Tanaman ini mudah sekali tumbuh, dan cocok untuk ruang tamu atau kantor, atau ruang belajar. Tanaman hias ini tumbuh subur pada ruangan dengan intensitas cahaya rendah. Tanaman ini juga berfungsi sebagai pembersih udara.

Tanaman hias yang satu ini memiliki 30 spesies dan setiap jenisnya memiliki ciri-ciri yang berbeda dan unik. Aglonema yang memiliki percikan merah muda dan kuning itu adalah jenis Harlequin, sedangkan Anyanmanee memiliki daun merah muda cerah berbintik-bintik dan bermata sedikit hijau.

Aglonema cocok dimiliki oleh pemula yang sedang belajar merawat tanaman hias di pekarangan rumah. Itu disebabkan karena perawatan dan pupuknya pun sederhana. Dari air cucian beras pun bisa dijadikan pupuk untuk tanaman aglonema ini. Air cucian beras ini tidak saja bisa digunakan untuk tanaman Aglonema, tetapi juga untuk tanaman hias yang lain. Berapa takarannya, itu tergantung kepada jumlah daun datn tinggi tanaman hias kita.

Umumnya Aglonema membutuhkan penyiraman lebih sering di musim semi dan musim panas dan lebih sedikit di musim dingin. Biasanya tanaman hias Aglonema akan memberikan tanda saat kondisi tanahnya terlalu kering dengan membiarkan daunnya terkulai (layu). Namun, ketika disiram, daunnya akan kembali tegak dan segar. Jika daunnya menguning atau batangnya lunak, itu tandanya jumlah air yang kita siram terlalu banyak.

Selain Bunga Krokot, Janda Bolong dan Aglonema, banyak jenis tanaman lainnya yang dapat kita budidayakan di rumah. Tanaman tersebut tidak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga bisa sebagai tanaman rempah-rempah maupun obat-obatan. (*)

Halaman:
1 2 3

*Dosen Fakultas Pertanian Unand

Bagikan:
Muhammad Fadli.
Ketua Pusat Studi Humaniora Universitas Andalas

Fenomena Politik Keluarga dan Tantangan Demokrasi Kita

Opini - 08 Maret 2024

Oleh: Dr Hary Efendi Iskandar

Dr. Hary Efendi Iskandar

Benarkah Gerakan Kampus Partisan

Opini - 27 Februari 2024

Oleh: Dr. Hary Efendi Iskandar

Nadia Maharani.

Kejahatan Berbahasa di Dirty Vote

Opini - 13 Februari 2024

Oleh: Nadia Maharani

Zulfadhli Muchtar

Adaptasi Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bagi UMKM

Opini - 31 Januari 2024

Oleh: Zulfadhli Muchtar