Anugerah Kihajar 2023, Sumbar Raih Penghargaan Kategori Kihajar Stem dan Jawara Belajar.id

Senin, 20 November 2023, 06:31 WIB | Provinsi Sumatera Barat
Anugerah Kihajar 2023, Sumbar Raih Penghargaan Kategori Kihajar Stem dan Jawara Belajar.id
Sekjen Kemendikbudristek, Suharti serahkan penghargaan kategori Kihajar Stem dan Jawara Belajar.id pada gubernur Sumbar, Mahyeldi pada malam Anugerah Kihajar 2023, di Jakarta, Jumat. (humas)

JAKARTA (17/11/2023) - Sumatera Barat raih dua penghargaan pada acara malam Anugerah Kihajar 2023. Penghargaan ini terkait kesuksesan dalam melaksanakan transformasi pembelajaran di satuan pendidikan melalui pemanfaatan akun belajar.id yang jadi program utama Kemendikbudristek RI.

"Apa yang kita terima malam ini, adalah buah dari kerja keras seluruh masyarakat khususnya seluruh lapisan ekosistem pendidikan di Sumbar. Terima kasih dan alhamdulillah," ucap Gubernur Sumbar, Mahyeldi terkait penghargaan tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Lokasi Bencana Marapi, Mahyeldi: Kesempatan Raih Dukungan untuk Pemulihan Bencana

Penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknolgi (Kemendikbudristek) RI ini, diserahkan di Jakarta, Jumat. Penghargaan diserahkan Sekjen Kemendikbudristek, Suharti didampingi Kepala Pusdatin Kemendikbudriatek, Muhammad Hasan Chabibie.

Penghargaan yang diraih, pertama untuk keberhasilan menjalin sinergitas dalam penyelenggaraan pendidikan dengan Kemendikbudristek (Kategori Stem Kihajar). Kedua, terkait dengan keberhasilan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam urusan pendidikan (Belajar.id).

Baca juga: Sumbar Dinobatkan jadi Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024, Ini Harapan Wapres Ma'ruf Amin

Usai menerima penghargaan, Mahyeldi menyebut, penghaggaan ini sekaligus menandakan bahwa ekosistem pendidikan di Sumbar telah berjalan kearah yang tepat.

Selain itu, sambung Mahyeldi, ia juga mengaku bangga karena apa yang diupayakannya bersama seluruh pihak terkait selama ini untuk sektor pendidikan, telah berhasil melaju di jalur yang tepat dan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat..

Baca juga: 32 Alat Berat Bekerja Nonstop Perbaiki Jalan Lembah Anai, Ditergetkan Tuntas 21 Juli 2024

Sementara itu, Sekjen Kemendikbudristek, Suharti mengatakan, Anugerah Kihajar 2023 ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk terus menjalin sinergitas dengan Pemerintah Daerah dalam rangka mempercepat transpormasi digital sektor pendidikan di Indonesia.

"Sinergitas itu kita bangun melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) dan Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemendikbudristek. Salah satunya melalui penyelenggaraan Anugerah Ki Hajar 2023," ucap Suharti.

Baca juga: Pangdam Bukik Barisan, Gubernur dan Forkopimda Tinjau Kesiapan Lokasi Kunjungan Presiden

Djelaskan, saat ini kemampuan penguasaan literasi digital telah menjadi sebuah keharusan bagi setiap pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia.

Sebab, perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini juga begitu dinamis sehingga digitalisasi pendidikan telah menjadi sebuah keniscayaan.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

"Hal itu senada dengan tema yang kita angkat dalam kegiatan ini, yakni menguatkan ekositem digital pendidikan untuk wujudkan merdeka belajar," pungkas dia.

Kepala Pusdatin Kemendikbudristek, Muhammad Hasan Chabibie menjelaskan, pada ajang Anugerah Ki Hajar 2023 ini, pihaknya memberikan penghargaan terhadap 3 objek sasaran.

Pertama, untuk para tenaga pendidik; kedua, bagi para peserta didik dan yang ketiga bagi para pimpinan daerah yang dinilai telah berkontribusi besar untuk sektor pendidikan.

"Khusus apresiasi bagi pimpinan daerah, kita memberikan penghargaan dalam beberapa tingkatan pada ajang Kihajar 2023 ini. Mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota, dan tingkat daerah 3T (Terluar, Perpencil, dan Terisolir) serta tingkat daerah besar," ungkap Muhammad Hasan.

Adapun rincian dari 3 pemerintah daerah dengan sinergi terbaik bersama Kemendikbudristek dalam penyelenggaraan pendidikan atau dikenal dengan Kategori Kihajar Stem Tahun 2023 adalah Provinsi Sumatera Barat, Jambi dan DKI Jakarta.

Selanjutnya, penghargaan terhadap daerah yang dianggap berhasil dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam sektor pendidikan di daerahnya atau dikenal dengan Kategori Jawara Belajar.id, diberikan kepada Provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Lampung, Bali, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan. (adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: