PAN dan PKS 'Digusur' dari Kursi Pimpinan AKD DPRD Padang

Senin, 15 Januari 2018, 21:08 WIB | News | Kota Padang
PAN dan PKS 'Digusur' dari Kursi Pimpinan AKD DPRD Padang
Ketua Fraksi PAN DPRD Padang, Masrul Rajo Intan.

Sementara, Fraksi Partai Demokrat, Golkar (di dalamnya bergabung PBB), Nasdem, Hanura, Perjuangan Bangsa (PDI Perjuangan dan PKB) dan Gerindra, saling berbagi mengisi kursi pimpinan AKD. Anggota fraksi ini merupakan kader dari gabungan partai, Koalisi Padang Bersatu yang merupakan koalisi pengusul Emzalmi dan Desri Ayunda pada pemilihan serentak 2018.

Atas hasil pemilihan itu, Masrul tak menampik, pertarungan pada pengusulan calon kepala daerah, telah merembet hingga ke perebutan kursi pimpinan AKD. "Khusus perombakan Bapem Perda dan BK, itu tidak benar secara prosedural. Saya sudah pernah berkonsultasi dengan Mahkamah Konstitusi. Apa yang terjadi di pemilihan kali ini, sudah tak sesuai lagi dengan aturan yang ada," tambah dia.

"Berpolitik itu boleh-boleh saja, namun tentu berpolitik dengan menempuh cara-cara yang beretika. Jika hasil ini tetap dipaksakan untuk ditetapkan lalu ada persoalan hukum yang meliputinya nanti, maka Fraksi PAN tidak ikut bertanggungjawab," tegasnya.

Baca juga: Liputan Khusus DPRD Padang: DPRD Padang Gelar Buka Bersama, Membangun Jembatan Hati dan Kebersamaan

Informasi yang diperoleh, struktur AKD DPRD Padang setelah dilakukan perombakan Senin yakni:

Ketua Badan Kehormatan Yendril (Hanura), Wakil Ketua, Ilham Maulana (Demokrat). Sebelumnya Ketua BK dijabat Amril Amin (PAN) dan Wakil Yulisman (Demokrat).

Badan Pembentuk Peraturan Daerah diketuai Wismar Panjaitan (PDIP) dan Wakil Ketua, Jumadi (Golkar). Sebelumnya, Bapemperda ketuanya dijabat Hadison (PKS) dan Wakil Ketua, Miswar Jambak (Golkar).

Komisi I diketuai Azirwan (Nasdem), Wakil Ketua Zaharman (Hanura) dan Sekretaris Zulhardi Z. Latif (Golkar) dengan koordinator Elly Thrisyanti.

Komisi II Ketua Gustin Pramona (Demokrat), Wakil Ketua Miswar Djambak (Golkar) dan Sekretaris Dasman (PPP), dengan koordinator Wahyu Iramana Putra.

Komisi III ketua Emnu Azamri (Gerindra), Wakil Ketua Elvi Amri (Hanura), Sekretaris Mailinda Rose (Nasdem) dengan koordinator Asrizal.

Komisi IV Ketua Maidestal Hari Mahesa (PPP), Wakil Ketua Surya Jufri (Demokrat) dan Sekretaris Muzni Zen (Gerindra) dengan koordinatornya Muhidi. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: