FGD Dapil Pemilihan Serentak 2019: Penduduk Zona Merah Migrasi Menjauhi Pantai, Riki: BPPd per Kecamatan Berubah

Rabu, 13 Desember 2017, 15:05 WIB | News | Kota Padang
FGD Dapil Pemilihan Serentak 2019: Penduduk Zona Merah Migrasi Menjauhi Pantai, Riki:...
Akademisi Fakultas Hukum Unand, Khairul Fahmi didampingin moderator, Sutrisno saat pengantar FGD Daerah Pemilihan Pemilu 2019 di Padang, Rabu (13/12/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Pemilihan wakil rakyat sejatinya adalah untuk mewakili setiap unsur dan kelompok masyarakat agar aspirasinya tersampaikan," katanya.

Oleh sebab itu, ia meminta pihak yang akan mengambil kebijakan untuk menetapkan dapil tersebut lebih mementingkan keterwakilan masyarakat dari budaya yang sama.

Contohnya untuk Kota Padang, ujarnya, Kecamatan Kuranji dan Pauh pada pemilu sebelumnya bergabung dalam satu dapil karena budaya dan adatnya sama. Sebaiknya pada pemilu 2019 juga dapat dipertahankan.

Baca juga: Parpol Bisa Ajukan Pasangan Calon Pilkada Padang jika Punya 35.056 Suara Pemilih Hasil Pemilu 2024

"Kecamatan Kuranji dan Pauh tersebut ada keterikatan kaum," katanya.

Menurutnya, prinsip memperhatikan aspek budaya dan dan istiadat tersebut dinamakan kohesivitas yang termasuk juga di dalamnya keterwakilan dari kelompok minoritas.

Selain itu, prinsip lainnya yang mesti diperhatikan yakni mengupayakan harga kursi yang setara antar satu dengan yang lain. Kemudian, memperhatikan keseimbangan alokai kursi antar dapil, dan komposisi sebelumnya. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: