2 Persen Data Penduduk belum Valid: Penduduk Padang Telah 1 Juta Lebih, Politisi Gregetan

Senin, 13 November 2017, 18:08 WIB | News | Kota Padang
2 Persen Data Penduduk belum Valid: Penduduk Padang Telah 1 Juta Lebih, Politisi Gregetan
Sekretaris KPU Padang, Luky Dharma Yuli Putra bersama Sutrisno (Kasubag Teknis dan Hupmas) memimpin sesi diskusi pada Raker dalam rangka penyusunan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Padang serta simulasi penghitungan kursi anggota D
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Permendagri No 14 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendataan Penduduk Non Permanen telah memberi ruang bagi mahasiswa ini didaftarkan sebagai penduduk non permanen. Saat ini Pemko Padang tengah mengajukan Revisi Perda 10 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan ke DPRD agar penduduk Padang bisa dikelola dengan baik," terangnya.

"Ada 128 ribu penduduk belum valid. Kemudian, 140 ribu mahasiswa. Jumlah keduanya menjadi sekitar 260 ribu lebih. Jika pendataan ini tuntas, tentu penduduk Padang akan jadi lebih satu juta orang," tambah Maiyulnita.

Untuk terwujudnya pengelolaan penduduk Padang secara lebih baik, Maiyulnita berharap, dukungan anggaran dari DPRD Padang. "Kalau dananya tersedia memadai di APBD Padang 2018 nanti, tentu kita akan menyelesaikan data penduduk yang belum valid itu serta mengejar penduduk wajib KTP lainnya," terangnya.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

Mendapat sindiran halus, anggota DPRD Padang, Wismar Panjaitan langsung mengacungkan tangan dalam forum itu. "Saat ini kita di dewan tengah melakukan pembahasan APBD Padang 2018. Kalau ada diajukan, tentu akan kita dukung penuh. Yang terpenting itu sebenarnya bagi kami anggota dewan ini, perintah ketua partai. Kalau sudah diperintahkan, kami tentu akan melaksanakannya," terang Wismar sembari melirik Ketua Partai Demokrat Padang, Januardi Sumka yang juga hadir dalam raker itu.

Pernyataan Wismar ini langsung diiyakan Januardi Sumka. "Partai Demokrat siap mendukung pendataan penduduk ini. Kita akan perintahkan anggota fraksi kita untuk mengawal ini. Kalau tidak bisa untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Padang, tentu wajib dilakukan untuk pemilu serentak 2019 nanti sehingga penduduk Padang berada di angka 1 juta dan anggota dewannya jadi 50 orang," terang Januardi Sumka. (kyo)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: