Kesbangpol Padang Garap Generasi Muda untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih

Sabtu, 30 September 2017, 10:44 WIB | News | Kota Padang
Kesbangpol Padang Garap Generasi Muda untuk Dongkrak Partisipasi Pemilih
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo memberikan arahan pada peserta Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Generasi Muda di Ruang Abu Bakar Ja'ar Balaikota, Kamis (28/9/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Jelang agenda pemilihan serentak 2018, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Padang, berupaya tak lagi kecolongan dengan berkaca masih minimnya partisipasi pemilih di perhelatan sebelumnya.

"Melalui sosialisasi ini kita berharap, pemilihan walikota dan wakil walikota Padang 2018 nanti jumlah partisipasi pemilihnya akan meningkat dari pemilihan sebelumnya. Terutama sekali menyentuh pemilih pemula dari kalangan generasi muda," harap Kepala Kesbangpol, Mursalim dalam kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Generasi Muda di Ruang Abu Bakar Ja'ar Balaikota, Kamis (28/9/2017).

Diketahui, 27 Juni 2018 mendatang bakal digelar pencoblosan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang periode 2019-2024 yang masuk dalam agenda pemilihan serentak oleh KPU.

Dikatakan Mursalim, sosialisasi tersebut diikuti ratusan peserta terdiri dari perwakilan mahasiwa dari masing-masing Perguruan Tinggi di Kota Padang. Kegiatan ini juga melibatkan KPU Padang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Padang serta beberapa nara sumber terkait.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Kita menginginkan, mahasiswa atau pemilih pemula dalam Pilkada nanti akan meningkat dan salah satunya melalui sosialisasi ini. Semoga setelah ini mereka semua memiliki pemahaman dan menjadi pioneer untuk ikut berpartisipasi sekaligus mengajak kawan-kawannya untuk melakukan pemilihan mendatang," tukas mantan Kepala Bagian Humas Setdako Padang itu.

Sementara, Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyambut positif digelarnya sosialisasi tersebut. Diharapkannya, semakin meningkatnya partisipasi politik bagi masyarakat terutama pemilih pemula di Kota Padang.

"Upaya-upaya ke arah demikian sangat tepat dilakukan, sehingga bisa disosialisasikan dan dipahamkan bagi kalangan generasi muda," imbuhnya.

Ia melanjutkan, sebagai tindak lanjut dari sosialisasi ini diharapkan menjadi agenda bagi masing-masing Perguruan Tinggi untuk menjadi pembicaraan ke depan.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

"Sehingga kesadaran untuk partisipasi berpolitik di tingkat mahasiswa menjadi meningkat. Karena memang kesuksesan agenda demokrasi itu sangat ditentukan dari meningkatnya partisipasi politik daripada masyarakat," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: