Harga Sembako Stabil Menjelang Lebaran

Selasa, 20 Juni 2017, 23:40 WIB | News | Kota Padang
Harga Sembako Stabil Menjelang Lebaran
Ilustrasi.

VALORAnews - Beberapa hari jelang berakhirnya bulan Ramadhan, euforia lebaran telah melanda bahkan semenjak beberapa hari lalu. Meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan pokok dan pelengkapnya tidak bisa kita pungkiri. Sudah bukan rahasia, bagaimana hampir setiap keluarga mempersiapkan yang terbaik untuk hari kemenangan itu.

Baru, menjadi kata yang melekat di hari Idul Fitri, sebagai filosofi diri yang baru setelah melewati Ramadhan. Walau tak semua orang mendapat kesempatan yang sama, namun budaya ini telah mengakar kuat di kehidupan kita.

Dimulai dari memperbaharui sandang, "baju rayo" telah menjadi salah satu ikon yang tak terpisahkan dengan lebaran. Seiring dengan itu, memperindah papan juga seakan menjadi kewajiban. Juga pangan yang pastinya akan mengalami peningkatan permintaan yang cukup signifikan.

"Bukan rahasia lagi saat Ramadhan dan lebaran kenaikan harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan. Namun fenomena ini coba ditanggulangi pemerintah mulai dari pusat hingga daerah. Ketersediaan stok barang hingga harga jual ke konsumen terus diawasi dinas terkait agar konsumen tidak dirugikan," terang Kadis Perdagangan Koperasi dan UKM Arpan diwakili oleh Kasi Perlindungan Konsumen Mira Yenita.

Baca juga: 280 Penyandang Disabilitas Bukittinggi Dibantu Paket Sembako

Bidang Perdagangan Dinas Perdagkop UKM, terangnya, akan terus mengawasi ketersediaan barang dan tingat harga jual agar masyarakat tidak dirugikan, terutama oknum yang memanfaatkan paradigma masyarakat kalau lebaran harga mahal.

"Menyambut lebaran ini ketersedian stok di kota Padangpanjang masih cukup stabil. Sedangkan untuk kenaikan harga, tidak ada kenaiakan yang signifikan. Jadi saat ini belum ada tindakan khusus yang dibutuhkan. Namun jika nanti kenaikan harga mencapai lebih dari 30% barulah dari Dinas Perdagkop UKM akan melakukan operasi pasar," terangnya.

Untuk minggu terakhir Ramadhan ini, cabe merah dan rawit mengalami kenaikan harga Rp 3.000,-. Cabe merah mengalami kenaikan menjadi Rp18.000,-/kg dan cabe rawit menjadi Rp20.000,-/kg. Sedangkan untuk Bawang merah turun menjadi Rp20.000.-/kg setelah penurunan Rp2.000,-. Dan bawang putih menjadi Rp45.000,-/kg setelah penurunan Rp3.000. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: