Pemkab Agam Pastikan Pasokan Sembako Cukup Jelang Ramadhan

Jumat, 19 Mei 2017, 09:58 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pemkab Agam Pastikan Pasokan Sembako Cukup Jelang Ramadhan
Bupati Agam, Indra Catri dan jajaran, saat meninjau kebutuhan sembako di Pasar Baru Lubukbasung, beberapa waktu lalu. (humas)

VALORAnews -- Pemkab Agam memastikan pasokan kebutuhan pokok untuk masyarakat menjelang datangnya Ramadhan 1438 Hijriah mencukupi. Saat ini, harga komoditas tersebut masih dalam kondisi stabil meskipun sejumlah produk sedikit mengalami lonjakan harga.

"Dari hasil pemantauan di lapangan, bisa dikatakan stok mencukupi dan tetap stabil," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Agam, Aryati, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya, stabilnya harga sembako, juga dikarenakan sebagian masyarakat mulai sadar dan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami sayur-mayur, buah-buahan dan ditanami bumbu dapur, serta rempah-rempah untuk menutupi kebutuhan sendiri.

Selain itu, program swasembada pangan berupa beras dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif, juga menjadi salah satu penyebab stabilnya harga sebagian barang sembako di Agam.

Baca juga: GRIB Gagas Kegiatan Donor Darah, Bupati Agam Tawarkan Lokasi Kegiatan di Poll AWR

"Kami mengharapkan, dengan meningkatkan program swasembada pangan oleh pemerintah daerah, terus mempu mempertahankan kestabilan harga sembako di pasar," harapnya.

Terkait hal itu, Aryati mengatakan adanya kenaikan harga untuk beberapa komoditas tersebut dikarenakan produk-produk tersebut merupakan produk musiman, atau adanya kenaikan permintaan khususnya mendekati masuknya bulan Ramadhan.

Seperti, bawang putih mengalami kenaikan seharga Rp50.000/kg dari harga Rp32.000/kg, cabe merah keriting dari harga Rp26.000/kg menjadi Rp30.000, bawang putih dari Rp32.000/kg menjadi Rp50.000/kg.

Sedangkan untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging sapi, telur ayam ras, ikan relatif stabil. (rls/vri)

Baca juga: Rumah Baca Anak Nagari Terima Rp50 Juta dari Kemendikbudristek

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: