30 Penyuluh di Sumbar Ikuti Diklat Kepenyuluhan di Tiga Nagari

Rabu, 17 Mei 2017, 13:09 WIB | Wisata | Kab. Agam
30 Penyuluh di Sumbar Ikuti Diklat Kepenyuluhan di Tiga Nagari
Kepala UPT Pertanian Kecamatan Tilatang Kamang, Masripin menerima 30 orang penyuluh pertanian, yang merupakan bagian dari pendidikan dan latihan dasar ahli penyuluh pertanian, Selasa (16/5/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sebanyak 30 penyuluh pertanian berbagai kota dan kabupaten di Sumatera Barat, mengikuti pendidikan dan latihan dasar ahli penyuluh pertanian di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penyuluh pertanian Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.

Kegiatan yang dilaksanakan Balai Diklat Pertanian Provinsi Sumatera Barat ini, dimulai Senin (15/5/2017) sampai Sabtu (20/5/2017). Kedatangan peserta disambut Kepala UPT Pertanian Kecamatan Tilatang Kamang, Masripin.

"Ke-30 peserta ini akan disebar di tiga nagari di Kecamatan Tilatang Kamang, seperti di Nagari Gadut, Koto Tangah dan Kapau," kata Masripin.

Pihaknya siap melakukan pendampingan dan sebagai fasilitator dalam pelaksanaan praktek kompetensi bagi peserta diklat penyuluh pertanian ini.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

Sementara, pimpinan rombongan, Eva Manjas menyampaikan, tujuan praktek kompetensi ini agar peserta diklat mampu mengaplikasikan materi yang diterima selama proses belajar mengajar di ruangan kelas.

seperti, indentifikasi potensi wilayah, menyusun progam penyuluhan, menyusun rencana kerja dan melakukan evaluasi terhadap hasil penyuluhan itu sendidi.

Sehingga, kompetensi peserta dilkat sebagai penyuluh pertanian ahli dapat tercapai. Di samping itu, dengan praktek kompetensi peserta diklat mampu memupuk rasa perca diri dalam menjalankan tugas sebagai penyuluh pertanian.

Dengan cara ini, kata Eva, peningkatan kemampuan penyuluh pertanian dalam mengindetifikasi kebutuhan dan potensi petani dan pelaku agribisnis lainnya menjadi penting. (rls/ham)

Baca juga: Bapenda Agam Pasang Tapping Box di Lokasi Wajib Pajak

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: