Forum KSB Edukasi Warga Agar Siaga Bencana

Sabtu, 15 April 2017, 17:56 WIB | News | Kota Padang
Forum KSB Edukasi Warga Agar Siaga Bencana
Ketua Forum KSB Kota Padang, Zulkifli menyerahkan bantuan seragam dan perlengkapan kebencanaan lainnya, pada kunjungan sekaligus sosialisasi ke KSB Gunung Pangilun, Jumat (15/4/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Forum Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kota Padang, Zulkifli menilai, masyarakat perlu diberikan pemahaman secara berkelanjutan tentang gempa serta seluruh perisitiwa ikutannya. Salah satunya, melakukan simulasi evakuasi tsunami dan sosialisasi terkait mitigasi.

"Pelaksanaan simulasi adalah bagian dari sosialisasi. Bila dilakukan terus, masyarakat akan memahami bagaimana menyikapi bencana alam seperti gempa bumi," kata Zulkifli usai sosialisasi ke warga sekaligus pertemuan dengan KSB Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kamis (13/4/2017).

Dikatakan Zulkifli, dalam waktu dekat akan dilaksanakan simulasi evakuasi bencana gempa dan tsunami dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana nasional. Kawasan Gunung Pangilun bakal jadi salah satu titik kumpul evakuasi, karena disini terdapat ketinggian berupa bukit yang menjadi shelter alam.

"Shelter yang ada di Ulak Karang, shelter SMA 1 dan SMP 25 Lolong Belanti dipastikan tidak bisa menampung semua warga. Sedangkan shelter alam Gunung Pangilun, bisa jadi titik kumpul warga dengan menampung lebih banyak," jelasnya.

Baca juga: Dies Natalis ke-42 Jurusan Kesling Poltekkes Padang, Ini Tantangan dari Gubernur Sumbar

Ia juga berharap, pemerintah memberikan perhatian terhadap shelter alam Gunung Pangilun, karena akses jalannya yang ada sangat terbatas.

"Kita berharap, pemerintah memperhatikan. Di samping jalan yang sempit dan belum layak untuk naik ke atas shelter alam Gunung Pangilun, lokasi di atas juga perlu dibersihkan dari semak-semak," tukasnya.

Di kesempatan itu, Forum KSB Padang juga memberikan penguatan pada KSB Gunung Pangilun berupa pembekalan tugas dan bantuan satu unit handy talky (HT) serta seragam pengurus. Hal ini dimaksudkan agar KSB di kelurahan ini selalu siaga dan membantu warga bila ada bencana.

Kegiatan ini dihadiri Lurah Gunung Pangilun Andi Amir, tokoh masyarakat serta Karang Taruna setempat.

Baca juga: Ini Pesan Mahyeldi untuk Mahasiswa Baru Universitas Ekasakti

Andi Amir menyikapi harapan dari KSB, pihaknya akan mengerahkan pemuda dan warga untuk gotong royong membersihkan akses jalan menuju ke atas bukit.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: