Memiriskan, Status Maninjau Satu Level di Bawah Danau Mati

Kamis, 23 Maret 2017, 10:29 WIB | Wisata | Kab. Agam
Memiriskan, Status Maninjau Satu Level di Bawah Danau Mati
Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria memaparkan kondisi Danau Maninjau pada berbagai elemen masyarakat, pada peringatan Hari Air Dunia yang ke-25 tahun 2017, Rabu (22/3/2017). (humas)

VALORAnews - Terpilihnya Danau Maninjau sebagai pusat peringatan Hari Air Dunia yang ke-25 tahun 2017, jadi suatu kehormatan dan bentuk perhatian yang sangat tinggi terhadap Kabupaten Agam.

Bupati Agam, H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah dan Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah (Wakil Bupati) beserta seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambut antusias momen tersebut, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu upaya percepatan penyelamatan Danau Maninjau.

"Kami berharap, momen ini dapat memberikan motivasi, dan dorongan dalam rangka peningkatan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, terutama untuk upaya penyelamatan Danau Maninjau," ujar Indra Catri, Rabu (22/3/2017).

Acara peringatan tersebut, dihadiri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang diwakili Direktur Irigasi dan Rawa, Mochammad Mazid beserta tim Revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).

Baca juga: Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Masjid Jami' Sungai Pua

Juga hadir pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Dalam Negeri dan stakeholder terkait dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dikatakan Indra Catri, kondisi perairan Danau Maninjau berada pada level eutropik dan tinggal satu level lagi menuju danau mati yaitu hypereutropik.


"Danau dengan sejuta kebanggaan, pesona dan keindahan, tentu tidak akan diwariskan kepada generasi penerus dalam kondisi yang tercemar seperti saat ini. Beban berat itu berada di pundak kita bersama," ujar Indra Catri.

Baca juga: Setelah 6 Hari, Pencarian Korban Longsor di Sungai Pua Libatkan 2 Anjing Pelacak

Momentum perayaan Hari Air Dunia di pinggiran Danau Maninjau, mengambil tema air dan air limbah, dari tema itu, diharapkan dapat membangkitkan semangat kebersamaan, sinergitas dan komitmen guna mendorong terwujudnya pengurangan pencemaran danau.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: