Potensi Air Terjun di Agam belum Termanfaatkan

Selasa, 21 Maret 2017, 10:43 WIB | Wisata | Kab. Agam
Potensi Air Terjun di  Agam belum Termanfaatkan
Salah satu objek wisata air terjun di di Ambun Pagi, kecamatan Matur, Agam yang belum tergarap maksimal baik itu untuk wisata maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat. (http://discoversumatra.blogspot.co.id)

VALORAnews - Koordinator Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Agam, Afniwirman mengajak masyarakat, untuk dapat memanfaatkan jasa lingkungan, berupa potensi air terjun yang menguntungkan untuk peningkatan ekonomi warga.

"Di Kabupaten Agam, 4 lokasi air terjun bisa dimanfaatkan untuk objek wisata dan bisa diambil manfaatnya oleh masyarakat. Potensi tersebut terdapat di Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya, di Ambun Pagi Matur, di Sonsang Tilatang Kamang dan di Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari," kata Afniwirman, Senin (20/3/2017).

Data itu, terangnya, merupakan hasil pendataan dan identifikasi potensi jasa lingkungan, khususnya air terjun di Agam. Potensi tersebut bisa dikembangkan, melalui kerja sama kelompok masyarakat, investor dan pemerintah. Air terjun bisa dimanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata, untuk sumber air bersih, pembangkit listrik mikro hidro dan manfaat lainnya.

Dikatakan, sangat banyak keuntungan yang bisa didapat dari pemanfaatan potensi tersebut. Masyarakat sekitar akan memperoleh manfaat untuk peningkatan ekonomi mereka. Selain itu keselamatan hutan terjaga.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Masjid Jami' Sungai Pua

Keindahan alam di lokasi air terjun tersebut, sangat bagus apabila dikelola menjadi objek wisata secara sungguh-sungguh, akan sangat menguntungkan anak nagari sekitar. Sebagian besar air terjun dimaksud terletak tidak begitu jauh dari perkampungan warga.

"Di samping jasa lingkungan, hasil hutan non kayu juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga, antara lain getah dan buah kayu," terangnya. (rls/ham)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: