Diusulkan jadi Ketum IPSI Sumbar, Mahyeldi: Jika Diamanahi Saya Siap

Sabtu, 18 Maret 2017, 23:34 WIB | News | Kota Padang
Diusulkan jadi Ketum IPSI Sumbar, Mahyeldi: Jika Diamanahi Saya Siap
Swafoto Walikota Padang, Mahyeldi bersama pengurus IPSI se-Sumbar, usai silaturahmi di sebuah rumah makan di Padang, Sabtu (18/3/2017). Dikesempatan itu, Mahyeldi didapuk untuk jadi calon ketua umum IPSI periode lima tahun kedepan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Dewan Pembina IPSI Kota Padang, Mahyeldi Dt Marajo diusulkan sejumlah pengurus provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar, sebagai calon ketua umum periode lima tahun kedepan. Walikota Padang ini diharapkan jadi figur pengganti ketua umum sebelumnya yang juga Walikota Padang dua periode, Fauzi Bahar.

Seperti disampaikan Ketua Umum IPSI Kabupaten Solok Selatan, Basrinal. Menurutnya, Mahyeldi layak dicalonkan jadi Ketua Umum (Ketum), sehingga diharapkan lebih memajukan IPSI Sumbar ke depan. Menurutnya, dalam memimpin pencak silat itu ada rumus 3T yakni 'tokoh, takah dan toke'' yang artinya baik dinilai dari segi ketokohan, kepantasan serta kemampuan dalam meningkatkan finansial kepengurusan.

"Saya rasa beliau merupakan figur pemimpin yang tepat jadi Ketum IPSI Sumbar ke depan. Semoga saja beliau nanti terpilih dan mampu membawa kemajuan bagi dunia pencak silat di Sumbar," kata Basrizal pada pertemuan silaturahmi yang diikuti ketua-ketua IPSI se-Sumbar, di salah satu rumah makan di Padang, Sabtu (18/3/2017).

Hal senada disampaikanKetua IPSI Kabupaten Sijunjung, Firdaus. Menurutnya, Mahyeldi merupakan sosok pemimpin yang ideal. Hal itu, katanya, terlihat dari tangan dingin Mahyeldi yang sejauh ini dinilai mampu memimpin Kota Padang dengan baik.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Ajak ASN Jaga Kondusivitas

"Beliau saya lihat mampu memfungsikan seluruh lini. Khusus di dunia olahraga, prestasi teranyarnya yaitu sukses sebagai tuan rumah Porprov XIV Sumbar 2016 lalu yang sekaligus mempertegas Padang sebagai juara umum Porprov yang masih tak tergoyahkan. Jadi, saya rasa IPSI Sumbar sangat membutuhkan pemimpin seperti beliau," imbuhnya.

Pemilihan Ketum IPSI Sumbar ini, akan dilakukan melalui Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) yang diperkirakan akan dielar April 2017 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Mahyeldi menyikapi dengan positif dan menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada Pengcab IPSI Sumbar. Apabila diberi amanah, ia pun tak menampik dan juga menyatakan kesiapan apabila nantinya mengetuai persatuan cabang olahraga (cabor) yang sangat familiar di ranah Minang itu.

Disebutkan Mahyeldi, Pemko Padang akan terus memberikan dukungan dan dorongan bagi kemajuan dunia pencak silat. Di antaranya, memberikan dorongan bagi sasaran-sasaran "silek" melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Selain itu, juga memprasaranai penyediaan sasaran silek di sekolah-sekolah demi mencetak pesilat-pesilat muda mumpuni di Padang.

Baca juga: Cuti Kampanye Pilkada Serentak 2024, Mahyeldi Usulkan Wagub jadi Pjs Gubernur Sumbar

"Alhamdulillah, di 2017 ini kita juga telah memberikan dukungan bagi 'tuo-tuo' silek dengan memprogramkan pemberian dana insentif sebanyak Rp300 ribu per bulannya melalui APBD Kota Padang," sebutnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: