Indra Catri Kukuhkan Pengurus Baznas Agam

Selasa, 07 Maret 2017, 19:06 WIB | Wisata | Kab. Agam
Indra Catri Kukuhkan Pengurus Baznas Agam
Bupati Agam, Indra Catri mengukuhkan pengurus Baznas masa bakti 2017-2022, Senin (6/3/2017) di aula kantor bupati Agam. (humas)

VALORAnews - Bupati Agam, H Indra Catri Dt Malako Nan Putiah mengukuhkan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Agam, masa bakti 2017-2022, Senin (6/3/2017) di aula kantor bupati Agam.

Mereka adalah Eldi Zein (Ketua), Djasmi AN (Wakil Ketua I), Yandril (Wakil Ketua II) dan Abdul Aziz (Wakil Ketua III). Kepengurusan dilengkapi dengan Satuan Audit Internal Baznas Agam yaitu Yosefriawan (sekretaris), Junaidi (anggota) dan Edi Zalman (anggota).

Dia berharap, dengan kepengurusan yang baru, eksistensi Baznas Agam lebih meningkat, sehingga keberadaannya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Agam.

"Kami menginginkan Baznas, tidak hanya sebagai penghimpun zakat tetapi bagaimana menunjukkan eksistensinya dalam membela agama. Salah satunya, untuk membangun kepercayaan para muzzaki (wajib zakat)," ujarnya.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Ajak Tokoh Agama Edukasi Stunting

Menurut Indra Catri, ada empat faktor untuk mendukung keberhasilan dari zakat yakni pertama, regulator. Pemerintah sudah cukup banyak dan lengkap mulai dari Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Intruksi Presiden hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional.

Kedua, motivator. Kementerian Agama harus jadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini. Ketiga, koordinator. Koordinator dalam hal ini bertugas sebagai pengumpul dan pendistribusian zakat, dan keempat fasilitator.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Agam sudah mencanangkan gerakan Inovasi Cerdas salah satunya yaitu Ikhlas Berzakat. Menurut Indra Catri, ASN yang sebelumnya masih 1 persen atau 1,5 persen potongan gaji untuk zakat, sekarang sudah jadi 2,5 persen.

"Ke depannya, mari kita gali potensi zakat yang ada di Kabupaten Agam, sehingga tidak terdapat lagi masyarakat yang tidak melanjutkan sekolah. Karena, kekurangan biaya dan kebutuhan masyarakat kurang mampu lainnya," ajak dia.

Baca juga: 13 Mahasiswa Terdampak Galodo Dapat Beasiswa Minang Diaspora

Sementara, Wakil Ketua Baznas Sumbar, Sabhan Lubis mengingatkan pimpinan Baznas Agam yang baru saja dikukuhkan, agar melaksanakan tugas dan fungsi sesuai peraturan yang berlaku. "Jabatan sebagai pimpinan Baznas adalah amanah yang mesti dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat. Maka itu, laksanakan dengan baik," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: