40 Warga Salingka Maninjau Dilatih Pengolahan Makanan Ringan Berbasis Ikan

Jumat, 02 Desember 2016, 15:21 WIB | Wisata | Kab. Agam
40 Warga Salingka Maninjau Dilatih Pengolahan Makanan Ringan Berbasis Ikan
Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satira (tengah) bersama tokoh masyarakat salingka danau, Nyiak Danau (kiri) dan Camat Tj Raya, Hendra Putra (kanan) saat mengunjungi aktivitas pembersihan dan pembongkaran KJA, beberapa waktu lalu. Pembongkaran KJA ini mer

VALORAnews - Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perindustrian dan Perdagangan Agam, memberikan pelatihan bagi 40 orang pengolahan makanan ringan berbasis ikan. Program ini untuk mendukung agenda 'Save Danau Maninjau' yang dimulai 2017-2021.

"Mendukung program Save Danau Maninjau, kita telah menyiapkan berbagai kegiatan seperti pelatihan makanan ringan berbasis ikan bagi pengrajin di 2017," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindag Agam, Jabarnur saat rapat 'Gerakan Save Danau Maninjau' di Tanjung Raya.

Selain pelatihan, juga diberikan bantuan peralatan memasak, bantuan kemasan, pelatihan bordiran dan bantuan mesih jahit secara bertahap. Kemudian, pengembangan pasar dan distribusi barang dan produk bagi keluarga miskin. Program pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM menfasilitasi sertifikasi halal, kemudian program penyelanggaraan pelatihan kewirausahaan.

Kegiatan ini, terang Jabarnur, untuk membantu warga di Salingka Danau Maninjau mengurangi tingkat ketergantungan masyarakat dalam berbudidaya ikan di keramba jaring apung, sehingga mengubah pola pikir masyarakat untuk berusaha di luar Danau Maninjau.

Baca juga: Anak Nagari Maninjau Meriahkan Malam Takbiran Idul Fitri dengan Festival Rakik Rakik

"Dengan cara ini, pola pikir warga akan berubah dan beralih untuk bekerja di daratan," katanya. (rls/kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: