Mahyeldi Sarankan Keltan Bujang Juaro Gunakan Mesin Panen Padi

Rabu, 23 November 2016, 17:10 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi Sarankan Keltan Bujang Juaro Gunakan Mesin Panen Padi
Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo mandacak kudo basi mesin panen padi, saat panen perdana di areal milik Keltan Bujang Juaro di Kelurahan Surau Gadang, kecamatan Nanggalo, Padang, Rabu (23/11/2016). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo menyebut, tanam padi secara serentak jadi efisien. Karena itu, dia mengimbau seluruh petani, untuk benar-benar serentak saat menanam padi.

"Serentak bertanam, akan sama-sama panen nantinya sehingga cepat, efisien dan efektif," terang Mahyeldi di acara panen padi Kelompok Tani Bujang Juaro, Kecamatan Nanggalo, Rabu (23/11/2016).

Disebutkan, panen serentak nantinya akan dapat memutus mata rantai hama. Karena itu, Mahyeldi mengajak petani, untuk menggunakan traktor tangan saat panen. Sebab, dengan itu pengolahan tanah untuk tanam dapat cepat dilakukan.

"Dengan alat ini (traktor harvester-red) akan mempercepat proses panen. Biasanya, bisa panen sebanyak 2 kali, dengan alat ini bisa membantu jadi 3 kali setahun," tuturnya.

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

Disebutkan Mahyeldi, Kelompok Tani Bujang Juaro di Kecamatan Nanggalo, bertekad untuk mempercepat masa tanam. Sehingga nantinya akan merasakan panen serentak.

"Dinas Pernakbunhut kita harapkan, dapat melengkapi sarana dan prasarana kelompok tani agar serentak saat tanam dan panen," ungkapnya.

Sementara, Walikota Padang ini juga mengajak seluruh warga dan petani, untuk menanam cabai di rumah masing-masing. Hal ini dapat mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga cabai. "Mari kita tanam cabai agar dapat mengantisipasi harga yang melonjak," tukasnya. (vri/rls)

IKLAN PANTARLIH

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: