Ini Jadwal Pendaftaran Festival Pesona Danau Maninjau

Selasa, 18 Oktober 2016, 10:24 WIB | Wisata | Kab. Agam
Ini Jadwal Pendaftaran Festival Pesona Danau Maninjau
Danau Maninjau dengan latar belakang keramba apung. (foto agus bidawan)

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan mengelar Festival Pesona Danau Maninjau. Acara ini akan diikuti kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang dipusatkan di objek wisata Muko-muko, Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya.

"Festival ini kita laksanakan pada 3-6 November 2016 guna melestarikan kesenian anak nagari dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Agam," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agam, Hadi Suryadi di Lubukbasung, Senin (17/10/2016).

Dijelaskan, kegiatan ini merupakan iven tahunan pemerintah Kabupaten Agam, dalam rangka promosi wisata untuk melestarikan kesenian Minangkabau. Kegiatan ini terbuka untuk umum.

Untuk jadwal, terang Hadi Suryadi, lomba dayuang atau perahu dilaksanakan 3-4 November 2016 dan pendaftaran dibuka 15-29 Oktober 2016. Lomba tambua tansa pada 5 November 2016 dan pendaftaran dibuka 20 Oktober-2 November 2016.

Baca juga: Setelah 6 Hari, Pencarian Korban Longsor di Sungai Pua Libatkan 2 Anjing Pelacak

Lalu, lomba saluang tradisional dilaksanakan pada 4-5 November 2016 dan pendaftaran dibuka 20 Oktober sampai 3 November 2016. Kemudian, lomba talempong agung digelar pada 3 November 2016 dan pendaftaran dibuka 20 Oktober sampai 3 November 2016 dan pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) kreatif di objek wisata muko-muko dibuka pada 3-6 November 2016.

"Bagi peserta akan mengikuti kegiatan ini, dapat segera mengajukan pendaftaran di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam," kata Hadi Suryadi.

Saat ini, pihaknya telah mempersiapkan undangan untuk peserta. Sementara pada Selasa (18/10/2010) di aula Bappeda Agam, dilaksanakan pertemuan dengan instansi terkait. Selain melestarikan kesenian, festival ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Agam, sehingga dapat mengerakan ekonomi masyarakat sekitar objek wisata.

Di samping itu, Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Bagian Humas Kabupaten Agam, Jubrizal menambahkan, kegiatan ini juga telah disosialisasikan melalui media radio Pemda Agam Sam FM. (rls/ham)

Baca juga: Korban Banjir Bandang di Agam Butuhkan Air Bersih, Toilet dan Perbaikan Infrastruktur, Ini Kata Kemenpupr

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: