Petani Bercaping Gelar HUT RI ke-71 di Istana Rakyat

Rabu, 17 Agustus 2016, 17:31 WIB | Wisata | Kab. Agam
Petani Bercaping Gelar HUT RI ke-71 di Istana Rakyat
Puluhan petani, menggelar upacara bendara HUT RI ke-71, Rabu (17/8/2016) di Istana Rakyat di Kenagarian Lasi, Kecamatan Canduang, Agam. Sejumlah aktivis petani dari Padang, juga hadir di upacara tersebut. (hatta rizal/valoranews)

VALORAnews - Puluhan petani yang tergabung dalam Komunitas Selaras Alam, memeringati HUT Kemerdekaan RI ke-71, dengan mengadakan upacara sederhana di Istana Rakyat, di Kenagarian Lasi, Kecamatan Canduang, Agam, Rabu (17/8/2016).

Kendati sederhana, tapi para petani tersebut terlihat begitu mendalami serta memaknai detik-detik Proklamasi, yang ditabuh lewat kentongan tanpa adanya sirine.

Ketua Komunitas Selaras Alam, Suardi Mahmud mengatakan, peringatan seperti ini sudah setiap tahun dilaksanakan.

"Setiap tahun, kami selalu mengadakan upacara seperti ini. Namun, dalam dua tahun terakhir saja yang ramai pesertanya," ujar Suardi.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Masjid Jami' Sungai Pua

Upacara yang dilakukan petani ini, kata Suardi, pertama kali dilaksanakan 2013 silam, dengan mengambil lokasi di ladang para petani kopi Selaras Alam, di lereng Gunung Marapi.

"Saat itu, hanya beberapa saja yang melakukan. Kalau tidak salah, ada lima atau enam orang," lanjut pria sepuh yang terlihat masih amat energik ini.

Saat ini, kendati masih didominasi kalangan petani, mahasiswa, birokrat maupun masyarakat setempat, juga turut meramaikan lapangan Istana Rakyat yang terletak di kaki Gunung Marapi itu. Juga hadir sejumlah aktivis petani dari Kota Padang. Seperti, Zola Pandoe, Ir Djoni (mantan Kadis Pertanian Sumbar) dan lainnya. (cr6)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: