Nasrul Harapkan Bunga Rafflesia Tetap Lestari

Jumat, 05 Agustus 2016, 22:15 WIB | Wisata | Kab. Agam
Nasrul Harapkan Bunga Rafflesia Tetap Lestari
Penemu bunga Raflesia di Nagari Salo, Kecamatan Baso, Agam, difoto bersama bunga yang disebut juga bunga bangkai itu. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Penemu bunga Rafflesia, Nasrul St Basa (61) dan istrinya Lizawati (48), amat berharap bunga mekar yang ditemukannya di tengah hutan Bukik Baka di Jorong Kuruak, Kenagarian Salo, Kecamatan Baso, Agam, bisa tetap aman dan jauh dari jangkauan tangan jahil.

"Sekarang, saya sedikit cemas dengan nasib bunga yang memiliki diameter sekitar 65 cm tersebut. Lokasinya kan terpencil, bisa saja ada yang mencuri," ungkapnya khawatir, Jumat (5/8/2016).

Lokasi hutan tempat ditemukannya bunga legendaris itu, memang amat terpencil. Pantauan valora.co.id di lapangan, memang terlihat hutan itu amat jarang dijamah manusia, karena lokasinya sekitar 45 menit dari pemukiman terdekat. (Baca: Ini Foto-foto Bunga Raflesia yang Mekar Sempurna di Bukit Nagari Salo)

Bahkan untuk menuju ke sana, Nasrul harus membawa parang untuk menerobos semak yang cukup menyulitkan, kendati ada jalan setapak sebagai pedoman.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Cukup sulit menuju bunga. Jalannya licin dan penuh belukar. Harus hati-hati," terang Nasrul.

Kendati telah berhasil menemukan bunga langka, Nasrul berharap, ada yang mau merawat bunga tersebut.

"Semoga, setelah ditemukan. Pemerintah setempat bisa merawat bunga tersebut. Atau jika ada yang mau merawat, silahkan saja. Yang penting bunga itu bisa aman," harap Nasrul. (cr6)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: