Gerhana Penumbra Hadir Sore Ini

Rabu, 23 Maret 2016, 15:30 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Gerhana Penumbra Hadir Sore Ini
Ilustrasi

VALORAnews--Tepat dua minggu setelah gerhana matahari total (GMT), peristiwa gerhana kembali hadir di langit Indonesia. Sore ini, Rabu (23/3/2016), gerhana penumbra akan bisa disaksikan di wilayah Indonesia.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir, gerhana bulan penumbra bisa disaksikan mulai pukul 16.36 WIB, mencapai puncak pada pukul 18.47 dan berakhir pukul 20.57 WIB. "Gerhana penumbra bisa disaksikan di seluruh Indonesia," ujar petugas BMKG Juanda Taufik Hermawan, Rabu (23/3/2016)

Disebutkan, peristiwa Gerhana Bulan ini terjadi pada saat fase bulan Purnama. Pada saat gerhana, bulan tidak berada pada kerucut umbra bayangan bumi, tetapi berada pada penumbra bayangan Bumi. Pada kondisi ini, Bumi tidak seluruhnya menghalangi cahaya Matahari ke Bulan, hanya sebagian saja. Alhasil Bulan masih terlihat bercahaya, tetapi cahayanya kelihatan redup (kabur)

Gerhana dapat dilihat di Asia (wilayah Indonesia), Australia, Oceania, Amerika Utara, Amerika Selatan bagian barat, Antartika, Samudera Hindia bagian timur, dan Samudera Pasifik. (lok)

Baca juga: Gerhana Bulan Penumbra Bisa Diamati di Langit Sumbar Pukul 22.12.09 WIB Malam Ini

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: