Pasar Balai Selasa Disiapkan jadi Pasar Percontohan

Minggu, 20 Maret 2016, 11:27 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pasar Balai Selasa Disiapkan jadi Pasar Percontohan
Aparat Pemkab Agam membersihkan Pasar Balai Selasa sebelum direhab untuk dijadikan pasar percontohan di Sumbar. (amc)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Pemkab Agam menyiapkan master plan untuk pembangunan Pasar Balai Selasa, Nagari Kampung Pinang, Kecamatan Lubuk Basung. Pasar tersebut dirancang menjadi pasar tradisional percontohan di Sumatera Barat.

"Saat ini kita merencanakan untuk menjadikan Pasar Balai Selasa menjadi percontohan dengan disiapkan master plant pasar tersebut," kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Jabarnur di Lubuk Basung, Sabtu (19/3/2016).

Pada 2016, Pasar Balai Selasa Nagari Kampung Pinang akan dibangun empat los yakni, los ikan laut, ikan air tawar, daging dan unggas. Sementara untuk rehab diperuntukan satu petak untuk los kain, dan tiga petak untuk los ikan kering.

"Agar terciptanya pasar yang lebih baik, kita juga meminta kepada pengurus pasar agar memetakan kondisi pasar," katanya.

Pembangunan dan merenovasi Pasar Balai Selasa Kecamatan Lubuk Basung ini membutuhkan dana sebesar Rp1 miliar yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) yang berasal dari Kementrian Perdagangan Republik Indonesia pada tahun 2016.

Selain Pasar Balai Selasa, pembangunan atau rehabilitasi juga akan dilaksanakan Pasar Pakan Kamih di Tilatang Kamang dan Pasar Kayu Pasak Kecamatan Palembayan. "Saat ini, dalam proses dengan konsultan perencanaan," katanya.

Sedangkan pada 2015, pemerintah merenovasi Pasar Inpres Padang Baru Kecamatan Lubuk Basung, Pasar Serikat Baso di Baso dan Pasar Ulu Banda di Malalak dan Pasar Serikat Lawang Kecamatan Matur.

"Ke empat pasar ini telah selesai dibangun dan telah digunakan oleh pedagang diwilayah itu," katanya.(rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: