Pekan Imunisasi Nasional Polio Disosialisasikan

Selasa, 16 Februari 2016, 09:40 WIB | Wisata | Kab. Agam
Pekan Imunisasi Nasional Polio Disosialisasikan
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr Indra, memimpin rapat evaluasi pelaksanaan PIN Polio, Senin (15/2/2016) di aula kantor dinas itu yang dihadiri pimpinan 23 Puskesmas di Agam. (humas)

VALORAnews - Pemkab Agam menyosialisasikan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan dilaksanakan pada 8 sampai 15 Maret 2016 mendatang guna menanggulangi masalah penyakit polio.

"Sosialisasi dilakukan agar para ibu yang memiliki balita agar terdata dan ikut vaksinasi polio tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr Indra, saat rapat evaluasi, Senin (15/2/2016) di aula kantor dinas itu yang dihadiri 23 Puskesmas di Agam.

Ia menjelaskan, dilakukan kesiapan menghadapi PIN Polio secara nasional ini meliputi strategi promosi yang dilakukan, kesiapan petugas, kesiapan tempat dan kesiapan vaksin dan sarana pendukung lainnya. Yang tidak kalah penting yaitu Posko Sekretariat di masing-masing Puskesmas serta mekanisme pelaporan baik ke kabupaten, provinsi maupun ke pusat.

Pada saat itu, Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Biaro, Puskesmas Lasi, Malalak dan Puskesmas Palembayan mewakili 23 Puskesmas yang ada mempresentasikan kesiapannya. Rata-rata semua Puskesmas sudah memulai proses kegiatan sejak Desember 2015.

"Saat ini sudah pada tahap sosialisasi dan advokasi ke lintas sektor dan pemasangan spanduk dan baliho di tempat strategis," katanya.

Pada kesempatan itu, pihaknya mengingatkan Puskesmas agar menyiapkan tim serta obat-obatan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan pada saat pemberian imunisasi kepada sasaran.

Ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan PIN Polio mulai dari sosialisasi hingga validasi data sasaran. "Jangan sampai ada anak usia 0-5 tahun terlewati," ujarnya. (rel)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: