Panta-Sianok Diusulkan Jadi Jalan Provinsi

Rabu, 03 Februari 2016, 20:32 WIB | Wisata | Kab. Agam
Panta-Sianok Diusulkan Jadi Jalan Provinsi
Pj Bupati Jefrinal Arifin mengunjungi titik longsor Panta-Sianok (amc)

VALORAnews---Pejabat Bupati Agam Jefrinal Arifin mengatakan, jalan Panta menuju Nagari Sianok, Kecamatan IV Koto sudah diusulkan sebagai jalan provinsi agar jalan tersebut bisa diperlebar. Jalan yang diusulkan sepanjang 15 kilometer.

"Jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat, tapi untuk membangunnya sendiri, kas daerah tidak mencukupi. Makanya kita mengusulkan ke Pemprov Sumbar," kata Jefrinal Arifin saat mengunjungi titik longsor, Rabu (3/2/2016). Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Syafirman, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretriat Kabupaten Agam Isman Imran, Kepala BPBD Agam Bambang Warsito, Kabag Humas Agam Syatria dan Camat IV Koto diwakili Netti Hando.

Saat ini, kata Jefrinal, usulan tersebut tinggal menunggu SK dari gubernur. Dia berharap proses tersebut segera keluar sehingga pengerjaan jalan bisa dimulai. Jefrinal mengharapkan, SK ini cepat keluar, sehingga akses jalan bisa diperbaiki dan diperlebar sesuai standar jalan provinsi.

Dalam pantauan, jalan yang tertimbun longsor di Jorong Kampuang Pisang, Nagari Koto Panjang ini bisa dilewati kendaraan sekitar pukul 15.15 WIB dengan memanfaatkan dua alat berat.

Kepala BPBD Kabupaten Agam Bambang Warsito, mengatakan, untuk membersihan jalan ini sudah dilakukan sejak Minggu (31/1), bersama tim terpadu diantaranya, BPBD, Satpol PP, TNI, Polisi dan masyarakat setempat.

"Saat ini jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda empat, namun masih banyak material longsor yang bertumpukan di pinggir jalan dan diminta pengendara untuk berhati-hati dalam menumpuh jalan itu," ujar Bambang.

Saat mengujungi lokasi longsor, Pj Bupati Agam juga menyerahkan bantuan beras sebanyak 120 kilogram kepada korban longsor atas nama Gadih (62). (cr6/rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: