Perempatan Kantor Pos Cabang Utama Padang jadi Titik Nol Kilometer Sumbar, Ini Alasan Ilmiahnya

Jumat, 04 Oktober 2024, 19:45 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Perempatan Kantor Pos Cabang Utama Padang jadi Titik Nol Kilometer Sumbar, Ini Alasan...
Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap dan undangan lainnya, foto bersama usai penetapan Titik Nol Kilometer Sumbar di perempatan Kantor Pos Cabang Utama Padang, Selasa. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Audy menyebutkan, inisiatif penetapan titik nol kilometer Sumbar berawal dari kunjungannya ke berbagai daerah di Sumbar.

Di mana, sebagian besar provinsi sudah memiliki titik nol kilometer dan Sumbar adalah satu-satunya provinsi di Sumatera yang tidak memiliki titik nol kilometer.

"Kemudian, kami mencari informasi sejarah terkait titik nol kilometer dan kemudian bertemu dengan Sejarawan Universitas Andalas (Unand), Bapak Armansyah," terang dia.

Baca juga: Sumbar Kirim 57 Atlet untuk Berlaga Peparnas XVII Jawa Tengah, Dua Emas jadi Target

"Beliau lah yang kemudian kita minta meneliti dan mencari keberadaan titik nol kilometer Sumbar dalam catatan sejarah," terang dia.

Usai penandatanganan plakat, Audy Joinaldy juga memimpin peluncuran titik nol kilometer Sumbar, saat berlangsungnya malam resepsi di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

Peluncuran dilakukan secara bersama-sama dengan jajaran Forkopimda Sumbar dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Sah Secara Ilmiah

Dikesempatan itu, Sejarawan Unand, Armansyah menerangkan, setelah melakukan penelitian dan pencarian terkait arsip sejarah titik nol kilometer di Sumbar, maka didapatkan dua alternatif titik nol kilometer dengan argumentasi ilmiah masing-masing.

"Alternatif pertama adalah di dekat Kantor Pos Cabang Padang. Ini didasari pada penetapan titik nol di daerah lain seperti Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan beberapa daerah lain," terang dia.

"Di mana, titik nol itu ditandai dengan lokasi kantor pos pertama yang didirikan Pemerintah Hindia Belanda di daerah-daerah itu," ujar Armansyah.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024