Pilkada Dharmasraya, PKS dan Partai Nasdem Batalkan Pengusulan Adi Gunawan-Romi Siska Putra

Minggu, 15 September 2024, 09:22 WIB | Kabar Daerah | Kab. Dharmasraya
Pilkada Dharmasraya, PKS dan Partai Nasdem Batalkan Pengusulan Adi Gunawan-Romi Siska...
Ketua KPU Dharmasraya, France Putra didampingi empat komisioner lainnya serta sekretaris, memberikan keterangan pers tentang pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Pilkada serentak 2024. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Sementara, Partai Nasdem juga mencabut surat keputusan No: 485-Kpts/PPC/DPP-NasDem/VIII/2024 tanggal 23 Agustus 2024 tentang pengusulan Adi Gunawan-Romi Siska Putra, melalui Surat Keputusan No 603-Kpts/PPC/DPP-NasDem/IX/2024 tertanggal 12 September 2024.

Surat pencabutan dukungan ini ditandatangani Surya Paloh (ketua umum) dan Hermawi Franziskus Taslim (Sekjen) dengan disertai pembubuhan materai 10.000 serta cap stempel basah.

PKS kemudian memberlakukan kembali dukungan pencalonan yang telah diberikan sebelumnya pada pasangan calon Annisa Suci Ramadhani dan Leliarni sebagai calon bupati dan wakil bupati Dharmasraya pada Pilkada serentak 2024. Sedangkan Partai Nasdem, dalam surat pembatalan tersebut, juga menyatakan mendukung Annisa-Leli.

Baca juga: Anies-Muhaimin serta PKB dan Partai Nasdem Bertandang ke DPP PKS, Yaa Lal Wathon Menggema

Dengan tak terpenuhinya syarat pencalonan Adi Gunawan-Romi Siska Putra sebagai bakal calon bupati Dharmasraya pada Pilkada serentak 2024 ini, ungkap France, maka persyaratan calon yang telah diserahkan ke KPU, dikembalikan lagi melalui petugas penghubung.

Jalan Berliku Pencalonan Adi-Romi

Pada Pemilu 2024 lalu, PDIP berhasil jadi peraih kursi terbanyak di Kabupaten Dharmasraya. Dari 30 kursi DPRD Dharmasraya periode 2024-2029, PDIP meraih enam kursi.

Peraih kursi terbanyak kedua dan ketiga, ditempati Partai Golkar dan PAN yang sama-sama meraih lima kursi. Sedangkan Partai Gerindra dan PKB, berbagi sama banyak, empat kursi.

Lalu, Partai Demokrat hanya meraih 2 kursi. Kemudian, PKS, Partai Nasdem, Hanura dan PPP sama-sama meraih 1 kursi.

Pada masa pendaftaran pasangan calon Pilkada serentak 2024, 9 dari 10 partai politik yang berhasil meraih kursi parlemen di DPRD Dharmasraya itu, mengusulkan Annisa Suci Ramadhani dan Leliarni sebagai bakal calon kepala daerah.

Kesembilan partai politik itu yakni Partai Hanura, PKS, PAN, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PDIP dan Partai Demokrat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: