Gubernur Sumbar Resmikan Surau Ka'bah Inyiak Tuah Panampuang

Minggu, 11 Agustus 2024, 12:40 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Gubernur Sumbar Resmikan Surau Ka'bah Inyiak Tuah Panampuang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan sambutan pada kegiatan peresmian surau Ka'bah Inyiak Tuah Islamic Center, di Rawang Jorong Sungai Lauik, Nagari Panampuang, Kecamatan IV Angkek, Sabtu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (10/8/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi resmikan surau Ka'bah Inyiak Tuah Islamic Center.

Surau ini dibangun tokoh masyarakat, Ustadz Benni Warlis, di tanah kelahirannya, Rawang Jorong Sungai Lauik, Nagari Panampuang, Kecamatan IV Angkek, Sabtu.

"Kehadiran surau ini, semoga dapat jadi pusat pengajaran falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," harap Mahyeldi saat peresmian.

Surau itu sendiri terbilang unik, karena berbentuk seperti bangunan Ka'bah. Berdiri di atas lahan seluas satu hektar, surau itu persis meniru bangunan Ka'bah di Tanah Suci, bahkan dilengkapi dengan replika batu Hajar Aswad.

"Keberadaan surau di Sumbar sangat strategis untuk mengembangkan ilmu keagamaan, budaya, maupun ekonomi. Surau juga wujud semangat kembali ke surau, sebagai tempat pengembangan generasi muda dan masyarakatberbasis masjid dan berfalsafah ABS-SBK," kata Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan, sebelumnya ABS-SBK hanya ternukil di dalam Perda kabupaten/kota, tetapi saat ini Sumbar sudah memiliki UU No 17 tahun 2022, di mana ABS-SBK jelas dituliskan di dalamnya sebagai salah satu karakter orang Sumatera Barat.

Artinya, Pemerintah telah memberi pengakuan atas karakter dan kekhususan falsafah ABS-SBK tersebut.

"Mudah-mudah dengan adanya Surau Ka'bah Inyiak Tuah Islamic Center Panampuang ini, maka akan menjadi salah satu pusat penerapan nilai yang terkandung dalam undang-undang tersebut. Terutama sekali nilai ABS-SBK," ujarnya lagi.

Sementara itu, Ustaz Benni Warlis mengatakan, pembangunan Surau Ka'bah sendiri memang bertujuan untuk mengembalikan fungsi surau sebagai pusat pembelajaran, rekreasi, dan olahraga.

"Surau ini dilengkapi internet untuk sarana belajar, baik agama maupun adat istiadat, serta menjadi tempat istirahat bagi petani dan pedagang setelah beraktivitas," terangnya.

Dengan disain menyerupai Ka'bah, surau ini juga dirancang sebagai tempat pelaksanaan manasik haji dan wisata religi.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: