PESSEL Tingkatkan Populasi Sapi Lokal dengan IB

Rabu, 24 Juli 2024, 03:07 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PESSEL Tingkatkan Populasi Sapi Lokal dengan IB
Pemkab Pessel melalui Puskeswan Dinas Pertanian, terus meningkatkan populasi sapi lokal miliknya (Sapi Pesisir), melalui IB. FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (24/7/2024) - Pemkab Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, terus meningkatkan populasi sapi lokal miliknya (Sapi Pesisir), dengan menggencarkan pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) ke lapangan.

Upaya tersebut, dilaksanakan pihak Dinas Pertanian setempat, melalui paramedis bidang peternakan (puskeswan).

Seperti yang dilakukan oleh paramedis Puskeswan Painan, Mardoni, di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai, baru-baru ini.

Dimana, dirinya akan segera turun ke lapangan, apabila ada pemilik ternak yang meminta jasa, untuk melakukan IB.

Baca juga: PETERNAK PESSEL Diminta Manfaatkan Sistem Kawin Suntik

"Jadi, tidak hanya dengan cara alami. Saat ini, juga dilakukan dengan cara IB, untuk meningkatkan populasi sapi lokal," ucapnya, dalam relis dikirim Diskominfo Pessel, Rabu (24/7/2024).

Seperti diketahui, terang dia, IB atau kawin suntik adalah teknik memasukkan mani (sperma) yang telah dicairkan dari pejantan, ke alat kelamin betina.

"Yakni, dengan menggunakan metode, dan alat khusus yang disebut insemination gun," ujar Mardoni.

Tujuan IB, tambahnya, selain untuk memperbaiki mutu genetika, juga mengurangi biaya. Karena, tidak perlu lagi membawa pejantan ke lokasi kandang betina, untuk kawin.

"Keuntungan lain dari IB, selain meminimalisir penularan penyebaran penyakit kelamin, pun dapat mengatur serta meningkatkan angka kelahiran," ucap Mardoni. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: