DINAS PERTANIAN Pessel Ajak Masyarakat Kembangkan Ayam Kampung

Selasa, 23 Juli 2024, 20:51 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
DINAS PERTANIAN Pessel Ajak Masyarakat Kembangkan Ayam Kampung
Dinas Pertanian Pessel mengajak masyarakat di daerahnya, untuk mengembangkan ternak ayam kampung unggul balitbangtan (ayam KUB). FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (23/7/2024) - Dinas Pertanian Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, mengajak masyarakat di daerahnya, untuk mengembangkan ternak ayam kampung unggul balitbangtan (ayam KUB).

"Ini untuk meningkatkan ekonomi serta gizi keluarga," ucap Kadis Pertanian Pessel melalui Kabid Peternakan, Linda Mustika Rini, dalam relis dikirim Diskominfo Pessel, Selasa (23/7/2024).

Selain itu, sebutnya, juga memotivasi masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani dan kelompok peternak.

"Semua petugas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), juga sudah diintruksikan, agar bisa melakukan pembinaan yang intensif. Salah satunya melalui kegiatan Sekolah Lapang Ternak Ayam KUB," ujarnya.

Salah satu Kelompok Tani yang sudah dilatih tersebut adalah KWT Mandiri Saiyo, Nagari Nyiur Melambai, Kecamatan Ranah Pesisir.

"Apalagi, banyak keuntungan bakal didapatkan peternak, dalam melakukan pembudidayaan ini (ayam KUB)," ucap Linda Mustika Rini.

Beberapa keuntungan dalam membudidayakan ayam KUB, dibanding ayam kampung biasa: pertumbuhan cepat, tahan serangan virus, konversi pakan rendah, produktivitas telur tinggi, memiliki sifat pengeram yang rendah, tingkat kematian rendah, dan harga jual tinggi.

Ayam KUB, dalam satu tahun mampu menghasilkan telur 180 butir. Masa panennya pun, hanya membutuhkan waktu 70 - 90 hari.

"Kalau ayam kampung biasa, memerlukan waktu sekitar 5 bulan untuk bertelur," ujarnya.(*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: