Agar Anak Cerdas, Agam Terapkan Sekolah Keluarga

Selasa, 19 Januari 2016, 13:47 WIB | Wisata | Kab. Agam
Agar Anak Cerdas, Agam Terapkan Sekolah Keluarga
Proses belajar mengajar salah sekolah di Agam (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews--Lima sekolah di Kabupaten Agam ditunjuk menjadi sekolah percontohan untuk program sekolah keluarga. Program tersebut diterapkan untuk meningkatkan kualitas guru dan mendorong peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas pendidikan anak.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Fauzi menyebutkan, kelima sekolah tersebut adalah TK Pembina Lubuk Basung, SDN 04 Sikabu, SMPN 3 Lubuk Basung, SMAN 1 Lubuk Basung dan SMKN 1 Lubuk Basung.

"Ini merupakan program pemerintah pusat untuk daerah pada 2016," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Fauzi di Lubuk Basung.

Ia menjelaskan, pada tahap awal lima sekolah menjadi percontohan dalam penerapan sekolah keluarga itu yakni, "Kelima sekolah ini berada di dekat pusat pemerintahan," katanya.

Menurutnya, saat ini baru tahap sosialisasi kepada lima sekolah itu dan jika ini berhasil dapat diikuti oleh sekolah lainya nanti. "Pendidikan keluarga merupakan program dari pemerintah pusat sehingga pembiayaannya dibiayai oleh APBN. Teknis penyaluran anggarannya, dari pusat langsung masuk ke rekening lembaga pendidikan," katanya.

Untuk mekanisme pelaksanaannya, lembaga pendidikan memfasilitasi orang tua dan wali murid untuk melakukan pendampingan anak didiknya dalam proses belajar mengajar di kelas. "Kita berharap ini dapat berjalan dengan baik dan lacar nantinya," katanya. (rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: