Penemu Ikan Mati jadi Pakan Lele Asal Lubuk Basung jadi Nominator Kalpataru 2024

Jumat, 07 Juni 2024, 13:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Penemu Ikan Mati jadi Pakan Lele Asal Lubuk Basung jadi Nominator Kalpataru 2024
Bupati Agam, Andri Warman bersama Febri Sugana, salah seorang nominator peraih Kalpataru tahun 2024 di Jakarta, Rabu. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Pemberian penghargaan ini juga bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

Penghargaan Kalpataru 2024 terdiri dari 4 Kategori Perintis, 3 Kategori Penyelamat, 1 Kategori Pengabdi dan 2 Kategori Pembina.

Penghargaan diberikan karena mereka dinilai telah melakukan aksi nyata dalam mempertahankan, meningkatkan serta memulihkan kualitas lingkungan hidup dan kehutanan.

Dikesempatan itu, Siti Nurbaya menyampaikan, Kalpataru memberikan dampak, seperti memotivasi dan mendorong kepeloporan penerima dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup dan kehutanan.

Penghargaan ini juga dapat meningkatkan peran masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan serta mengangkat berbagai hasil karya yang terbukti efektif.

"Kalpataru diberikan sebagai tanda untuk menghargai upaya, jasa dan bakti pada lingkungan sekaligus merupakan amanah bagi penerimanya dalam menjaga dan meningkatkan kepeloporan serta upaya perlindungan lingkungan," ujarnya.

Sementara, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) KLHK, Bambang Supriyanto mengatakan, penghargaan Kalpataru tahun ini, penilaian dilakukan melalui proses yang panjang dari 189 usulan.

Menurut dia, ada tiga aspek yang dominan dalam Kalpataru tahun ini yang disampaikan PSKL KLHK. Yaitu, isu yang terkait dengan perubahan iklim, seperti mangrove dan pengelolaan sampah.

Kemudian, permasalahan biodiversitas akibat dampak perubahan iklim. Terakhir ialah permasalahan pencemaran lingkungan.

"Jadi, penerima Kalpataru ini, merupakan perwakilan dari tiga isu penting ini," ujar Kepala DLH Sumatera Barat, Tasliatul Fuadi.

Bersamaan dengan itu Kepala DLH Kabupaten Agam Afniwirman berharap keteladanan Febri Sugana hingga lolos ke nominasi Kalpataru, bisa ditularkan ke masyarakat di Kabupaten Agam lainnya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: