Banjir Bandang di Agam, BNPB Siap Bantu Perbaikan Infrastruktur Krusial

Kamis, 16 Mei 2024, 06:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Banjir Bandang di Agam, BNPB Siap Bantu Perbaikan Infrastruktur Krusial
Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto menerima laporan tentang kondisi bencana di Kabupaten Agam, saat kunjungan kerja ke Sumbar, Selasa. (humas)

AGAM (14/5/2024) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto mengungkapkan, selain pembersihan material longsor, juga akan dilaksanakan beberapa perbaikan terhadap infrastruktur mendesak.

"Kita tengah berupaya melaksanakan perbaikan terhadap infrastruktur yang bersifat krusial seperti, rekonstruksi jembatan, pembukaan akses jalan yang tertutup dan lain sebagainya. Sampai kondisi kembali normal akan kami dampingi," ungkap Suharyanto.

Hal tersebut diungkapkan Suharyanto saat konfrensi pers usai meninjau lokasi bencana di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Candung, Selasa.

Dikesempatan itu, dia juga mengungkapkan duka mendalam atas musibah yang menimpa masyarakat di sejumlah kecamatan di Kabupaten Agam.

Baca juga: Mahyeldi Paparkan Beda Fasilitas Antisipasi Bencana di Gunung Marapi Sumbar dan Merapi Yogyakarta ke Komisi V DPR RI

"Kedatangan kita hari ini, meninjau titik-titik lokasi bencana. Dengan mengetahui titik bencana, maka kita bisa menyusun strategi untuk menanggulangi bencana ini," terang dia.

Pantauan di lapangan, beberapa bangunan mengalami rusak berat. Selain itu, akses ke rumah-rumah warga tertutup lumpur dan material batu.

Sementara, Bupati Agam, Andri Warman berharap, kunjungan Kepala BNPB akan semakin ramai bantuan yang datang ke Kabupaten Agam.

"Mudah-mudahan, kunjungan ini akan menjadi tali penarik bantuan ke Kabupaten Agam khususnya kepada daerah yang terkena dampak bencana," harapnya. (*)

Baca juga: Update Banjir Bandang, 2 Jenazah di RSUD Tanah Datar dan 3 Jenazah di RSUD Sijunjung Belum Teridentifikasi

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: