RUSMA YUL ANWAR: Pembangunan Pendidikan, Kesehatan, dan Bebas Keterisoliran Sukses Terlaksana

Selasa, 30 April 2024, 05:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
RUSMA YUL ANWAR: Pembangunan Pendidikan, Kesehatan, dan Bebas Keterisoliran Sukses...
Bupati Pessel Rusma Yul Anwar saat memberikan sambutan di perayaan HJK Pessel ke 76 di Painan. FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (30/4/2024) - Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar mengungkapkan, sejumlah pembangunan dilaksanakan, sepanjang tiga tahun pemerintahan,dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Pesisir Selatan ke-76, di Painan Convention Center, baru - baru ini.

Setidaknya, ada tiga aspek yang dicapai: Aspek Pendidikan, Aspek Kesehatan, dan Aspek Membebaskan Masyarakat dari Keterisoliran.

"Dalam perjalanan kepemimpinan kami, bahwa pendekatan pembangunan yang kita terapkan, adalah membangun yang memanusiakan manusia," kata Rusma Yul Anwar, dalam relis Diskominfo, Selasa.

Pendekatan ini, fokus intervensi pembangunan untuk meningkatkan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sehingga, orientasi pembangunan tidak mengutamakan fisik monumental, tetapi lebih kepada Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: PEMKAB PESSEL Bakal Beri Gelar Adat ke Sandiaga Uno

Kemudian, pada Aspek Kesehatan, pembiayaan daerah meningkat signifikan untuk layanan BPJS Gratis, bagi masyarakat kurang mampu.

Tahun 2024, anggaran dialokasikanmencapai 35 Miliar, untuk membiayai 68.000 peserta BPJS Gratis oleh Pemkab.

"Alokasi ini, meningkat 70 persen, dibandingkan pembiayaan BPJS Pemkab tahun 2023 sebesar 10,8 miliar. Dan, kita juga melakukan perbaikan fasilitas kesehatan. Baik Puskesmas, Pustu dan Rumah Sakit," ujarRusma Yul Anwar.

Selanjutnya, pemkab telah melakukan pengangkatan Tenaga Medis PPPK sebanyak 980 orang. Agar masyarakat tidak sekedar dilayani secara gratis, namun juga bisa dilayani lebih berkualitas.

Baca juga: P2TP2A Mande Rubiah Salurkan 110 Paket Bantuan ke Carocok Anau

"Segala upaya yang kita lakukan, berhasil meningkatkan Usia Harapan Hidup Masyarakat dari 71,25 di Tahun 2022, menjadi 73,27 pada Tahun 2023," ujarnya.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: