Pemilu 2024, Dapil Sumbar 6 jadi Kuburan Petahana, Ini Komposisi Partai Peraih Kursi

Senin, 04 Maret 2024, 13:21 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Pemilu 2024, Dapil Sumbar 6 jadi Kuburan Petahana, Ini Komposisi Partai Peraih Kursi
Kantor DPRD Sumbar yang baru.

PADANG (4/3/2024) - Partai Demokrat dan Gerindra di Pemilu 2024 ini, masing-masingnya kehilangan 1 dari 2 kursi yang berhasil mereka raih di Pemilu 2019 untuk daerah pemilihan (Dapil) Sumbar 6.

Kursi yang ditingalkan kedua partai itu, salah satunya direbut Partai Golkar yang berhasil meraih perolehan suara terbanyak di Dapil Sumbar 6.

Memuncaki klasemen perolehan suara di Dapil yang meliputi Padangpanjang, Tanahdatar, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya, Partai Golkar memastikan diri meraih 2 kursi parlemen di tingkat provinsi periode 2024-2029.

Pemilu 2019 lalu, Partai Golkar hanya meraih 1 kursi atas nama Hendra Irwan Rahim. Pemilu 2024 ini, Hendra maju ke level pemilihan DPD RI.

Walaupun tanpa petahana, Caleg Partai Golkar di Dapil Sumbar 6 ini terbilang pendulang suara (vooter getter).

Seperti, Caleg perempuan yang ditempatkan di nomor urut 1, Zakzai Kasni. Istri mantan Bupati Dharmasraya yang juga Ketua Partai Golkar Dharmasraya, Adi Gunawan ini, berhasil meraih suara terbanyak di Partai Golkar Dapil Sumbar 6.

Kemudian, ada nama Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma yang berhasil meraih suara terbanyak kedua.

Vooter getter lainnya di Partai Golkar yakni Novi Hendri (Ketua DPRD Padang Panjang), Marlina Suswati (mantan anggota DPRD Sumbar).

Lalu, ada nama M Sayuti Dt Rajo Pangulu (mantan anggota DPRD Sumbar sekaligus mantan Ketua LKAAAM Sumbar), Syahrial Salam (aktivis kepemudaan Sumbar) dan Janerivo Hot Mario JS (pengacara).

Satu kursi yang tersisa untuk Partai Demokrat, diambil Jefri Masrul yang berhasil meraih suara pribadi sebesar 15.700.

Sementara, akumulasi perolehan suara Partai Demokrat di Dapil Sumbar 6 ini hanya 49.600 suara, berada diperingkat ke-7 pada urutan perolehan suara.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: